Sering Dianggap Sama, Ini Dia Perbedaan Diffuser dan Humidifier

Sering Dianggap Sama, Ini Dia Perbedaan Diffuser dan Humidifier

diffuser lebih sering digunakan sebagai aromaterapi dengan cara menyebarkan minyak esensial ke udara. Sama seperti humidifier, diffuser juga bisa meningkatkan kelembapan udara ruangan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sekilas, humidifier dan diffuser memang terlihat sama dari segi bentuk dan fungsinya. Karena secara teknis, kedua alat ini bekerja dengan menyebarkan uap cairan ke udara dalam ruangan. Akan tetapi, tujuan penggunaanya jelas berbeda. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut.

BACA JUGA:Zodiak ini Sangat Pemaaf Meski Pasangannya Kepergok Selingkuh

1. Perbedaan Fungsi

Humidifier berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara pada suatu ruangan dengan cara menyemprotkan uap air ke udara. Selain itu, humidifier juga dapat mencegah udara kering yang bisa memicu iritasi saluran pernafasan, radang tenggorokan, dan iritasi mata.

Sementara itu, diffuser lebih sering digunakan sebagai aromaterapi dengan cara menyebarkan minyak esensial ke udara. Sama seperti humidifier, diffuser juga bisa meningkatkan kelembapan udara ruangan. Aromaterapi yang dihasilkan akan membuat tubuh menjadi lebih rileks serta bisa mengurangi stres dan depresi.

BACA JUGA:Menikmati Hangatnya Sirup Pokak, Minuman Herbal Khas Kota Probolinggo

2. Tempat Peletakkan

Untuk tempat peletakannya, humidifier lebih cocok berada di ruang ber AC untuk menjaga tingkat kelembapan udara. Sedangkan diffuser dapat Anda taruh di ruangan yang tidak terlalu besar seperti kamar tidur. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan aroma minyak esensial lebih lama. 

3. Perbedaan Cara Kerja

Pada dasarnya, cara kerja humidifier hampir mirip dengan diffuser. Mesin Air humidifier akan memanaskan air sehingga menghasilkan partikel uap hangat yang akan disemprotkan secara langsung ke udara. 

Sedangkan diffuser akan memanaskan minya esensial yang membuatnya menguap secara bertahap. Kemudian, diffuser memanfaatkan aliran udara seperti dari kipas angin untuk meniup udara melalui filter diffuser sehingga essential oil yang menguap dapat melintasi seluruh  bagian ruangan.

BACA JUGA: Dolar AS Melemah Terhadap Yen, Penyebabnya ini

4. Perbedaan Ukuran

Perebedaan selanjutnya antara humidifier dan diffuser terletak pada ukuran dan kapasitasnya. Umumnya, humidifier memiliki ukuran dan kapasitas yang lebih besar. Sebab alat ini berfungsi untuk melembapkan udara, sehingga butuh lebih banyak air agar mampu bekerja dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: