Nikmat dan Gurihnya Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris

Nikmat dan Gurihnya Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris

Bukan cuma buat warga lokal, wisatawan dari luar Yogya juga banyak yang datang buat menikmati kuliner legendaris mangut lele ini.--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kalau kamu lagi pengin makan enak di Jogja, jangan sampai melewatkan Mangut Lele Mbah Marto. Ini kuliner legendaris banget, sudah berdiri dari tahun 1960an, artinya sudah legen. Tempatnya agak nyempil di tengah-tengah kampung di Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. Tepatnya di Jl. Sewon Indah No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA:Hari Kedua Saham Prancis Untung, Indeks CAC 40 Bertambah 95,11 Poin

Pas sampai di situ, kamu bisa langsung masuk ke dapurnya Mbah Marto yang benar-benar masih tradisional. Di dalam ruangan kurang lebih 4x4 meter, tersaji aneka menu masakan, kayak mangut lele plus lauk pendamping seperti opor, gudeg, dan sayur tempe-krecek. Yang seru, makanannya masih dimasak menggunakan pawon batu dan pake kayu bakar, jadi nuansa tradisionalnya sangat terasa.

Yang unik, kamu bisa ambil sendiri menu-menu itu, dan porsinya sesuai nafsu makanmu. Bayarnya belakangan, tapi harus jujur ya. Nah, ikan lelenya ini bukan digoreng, tapi diasap. Jadi lebih tahan lama dan gak gampang bau tengik. Bumbu-bumbunya, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan jahe juga dihaluskan pake cobek batu. Proses mengulek ini juga bikin bumbunya lebih fresh dan harum.

BACA JUGA:Rezeki Masih Mengalir Meskipun Jarang Sholat, Berikut Penjelasan Ustadz Wijayanto

Terus, bumbu yang udah diulek itu ditumis dengan gula merah, cabai merah besar, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Begitu aroma harumnya sudah keluar, langsung dituangkan santan dan lelenya yang udah diasap tadi. Kuahnya ditunggu sampe mengental biar bumbunya meresap. Bikin bumbu bener-bener nempel di lelenya, kan makin enak!

Nah, yang bikin spesial, Mbah Marto ini usianya sudah lebih dari 100 tahun dan beliau yang meracik resepnya. Menurut cerita, Mbah Marto sudah jualan sejak tahun 1960-an, dari keliling sampe Pasar Beringharjo. Bisa kebayang jauhnya kan? Sampe akhirnya Mbah Marto membuka warung sendiri di rumahnya tahun 1986. Satu lagi yang keren, beliau juga ramah banget sama pembelinya, diajak ngobrol-ngobrol, bercanda dan difoto bareng juga gak masalah.

BACA JUGA:Menikmati Hangatnya Sirup Pokak, Minuman Herbal Khas Kota Probolinggo

Kalau soal rasanya, ini lele mangutnya emang juara! Pedas-gurih, dicampur manisnya gudeg, opor, dan pedasnya sayur tempe-krecek, bikin nagih banget. Sampe artis-artis ibukota pada datang buat nyobain. Ada Surya Saputra, Zaskia Adya Mecca, Ari Lasso, Enzy Storia, dan masih banyak lainnya. Kebetulan saya pernah beberapa kali mampir makan di warung Mbah Marto ini jadi saya bisa lihat ada beberapa foto artis yang dipajang di dinding warungnya. Kalau menurut saya memang mangut lele Mbah Marto ini sulit dicari tandingannya.

BACA JUGA:Zodiak ini Sangat Pemaaf Meski Pasangannya Kepergok Selingkuh

Ini daftar menu spesialnya:

  • Nasi + spesial mangut lele + gudeg + krecek + opor tahu tempe + lalapan.
  • Nasi + garang asem + gudeg + krecek + opor tahu + tempe + lalapan
  • Nasi + opor ayam kampung + gudeg + krecek + opor tahu tempe + lalapan.
  • Nasi + burung puyuh + gudeg + krecek + opor tahu tempe + lalapan.
  • Nasi + babat /iso bacem + gudeg + krecek + opor tahu tempe + lalapan
  • Nasi + telor +gudeg + krecek + opor tahu tempe + lalapan.

Bukan cuma buat warga lokal, wisatawan dari luar Yogya juga banyak yang datang buat menikmati kuliner legendaris ini. Dan yang bikin seneng, harganya terjangkau, cuma puluhan ribu rupiah aja buat seporsi mangut lele dengan nasi, gudeg, opor, dan tempe-krecek.

BACA JUGA:Menikah Itu Tidak Hanya Soal Cinta, Namun Butuh Komitmen Jangka Panjang

Warungnya buka dari jam 10 pagi sampe 9 malam. Jadi, kalau lagi di Yogya, jangan lupa mampir ke Mangut Lele Mbah Marto buat ngerasain sensasi nikmatnya kuliner legendaris.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: