Ini Dia Pengertian Weton Menurut Primbon Jawa

Ini Dia Pengertian Weton Menurut Primbon Jawa

Banyak orang Jawa percaya bahwa weton juga memengaruhi kesesuaian antara dua orang dalam hubungan. --

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Kebudayaan Jawa kaya akan tradisi dan kepercayaan yang mendalam, salah satunya adalah konsep "weton". weton adalah kombinasi antara hari dalam sistem kalender Jawa (Pasaran) dan hari dalam kalender Islam (Hijriyah). Konsep weton memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat Jawa, dari merencanakan acara hingga menentukan tanggal pernikahan.

Di artikel ini, kita akan menjelajahi serba-serbi weton Jawa, dari hari lahir hingga jodoh, yang disadur dari Jurnal Budaya FIB Universitas Brawijaya.

BACA JUGA:Saksi Kasus Asrama Haji Kembalikan KN, Totalnya Rp 778 juta, Audit KN Capai Rp 1,28 M

1. Hari Lahir dan Weton

Hari kelahiran seseorang memiliki arti penting dalam budaya Jawa. Weton memainkan peran kunci dalam menafsirkan karakter dan nasib seseorang. Setiap weton memiliki pasangan weton yang memiliki pengaruh pada kepribadian dan nasib individu. Weton juga dapat memengaruhi pilihan karier, pendidikan, dan kesehatan.

2. Dina Krama (Hari Baik dan Tidak Baik)

Dalam konsep weton, setiap hari memiliki "dina krama" atau prediksi keberuntungan. Ada hari baik (dina baik) dan hari yang kurang baik (dina buruk) untuk berbagai kegiatan seperti bekerja, menikah, atau memulai usaha. Ini mencerminkan pemahaman bahwa energi alam memiliki pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Dompet Digital Cair Saldo DANA Gratis Rp50.000: Klaim DANA Kaget Hari ini 22 Agustus 2023

3. Pernikahan Berdasarkan Weton

Banyak pasangan Jawa memilih untuk menentukan tanggal pernikahan berdasarkan weton. Mereka mencari tanggal yang cocok untuk keduanya agar kehidupan pernikahan dimulai dengan baik. Pernikahan pada hari baik diyakini membawa keberuntungan dan keharmonisan bagi pasangan tersebut.

4. Melihat Karakter dari Weton

Weton juga digunakan untuk melihat karakter dan sifat seseorang. Misalnya, seseorang dengan weton Selasa Kliwon dipercayai memiliki sifat kuat dan energik, sementara yang memiliki weton Jumat Legi bisa lebih kreatif dan mudah beradaptasi.

BACA JUGA:Pemuda Seluma Diringkus Usai Curi Motor di Kota Bengkulu 

5. Pengaruh Weton terhadap Jodoh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: