Begini Langkah Mudah Membersihkan Sepatu agar Tetap Bersih dan Awet

Begini Langkah Mudah Membersihkan Sepatu agar Tetap Bersih dan Awet

Membersihkan sepatu secara teratur merupakan bagian dari menjaga kebersihan dan kesehatan diri.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mencuci sepatu merupakan kegiatan yang tak boleh diabaikan. Jika sepatu dibiarkan kotor terlalu lama, bukan hanya berisiko terkena bakteri dan jamur, tapi juga bisa menimbulkan bau yang tak sedap saat dikenakan.

BACA JUGA: Pemkab Bengkulu Tengah Serahkan 142 Unit Motor Dinas Honda Revo Fit Kepada Kades

Oleh karena itu, penting untuk tahu bagaimana cara membersihkan sepatu dengan benar agar tetap bersih, bebas kuman, dan tahan lama. Seperti halnya pakaian dan barang-barang pribadi lainnya, kebersihan sepatu juga perlu dijaga dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mencuci sepatu dengan benar:

1. Kenali Jenis dan Bahan Sepatu

Sebelum mulai membersihkan sepatu, penting untuk mengenali jenis dan bahan sepatunya terlebih dahulu. Setiap sepatu memerlukan perlakuan berbeda.

Pastikan untuk membaca instruksi pembersihan yang tertera di label atau kotak sepatu. Misalnya, sepatu berbahan suede membutuhkan perlakuan berbeda dengan sepatu berbahan kanvas.

BACA JUGA:Begini Cara Pinjaman Saldo DANA lewat ShopeePay later dan Bukalapak, Mudah dan Cepat Cair!

2. Cuci Sesuai Bahan

Setelah mengetahui jenis dan bahan sepatu, siapkan peralatan yang diperlukan. Jika sepatu berbahan suede, gunakan sikat gigi bekas dan cairan pembersih khusus. Sedangkan sepatu kanvas bisa dibersihkan dengan detergen atau sabun cair yang sesuai. Pastikan kamu membersihkan sepatu dengan cara yang lembut dan merata.

3. Perhatikan Bagian Dalam dan Tali

Selain membersihkan bagian luar sepatu, jangan lupakan bagian dalam dan tali sepatu. Bagian sol yang terkena langsung kulit perlu diperhatikan dengan baik.

BACA JUGA:Agar Usaha Menjadi Berkah, Habib Novel Alaydrus Pesan jangan Lupakan Kalimat ini

Bersihkan dan semprotkan cairan disinfektan untuk memastikan kuman terbasmi. Jangan lupa membersihkan tali sepatu yang rentan menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

4. Jangan Jemur Sepatu di Bawah Sinar Matahari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: