Hore, Besok 142 Kades di Bengkulu Tengah Terima Motor Dinas

Hore, Besok 142 Kades di Bengkulu Tengah Terima Motor Dinas

Kepala DPMD Benteng Tomi Marisi MSi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Jika tidak ada kendala, sebanyak 142 unit motor dinas (Tornas) akan diserahkan kepada seluruh kepala desa (Kades) se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang akan dilaksanakan di belakang kantor Bupati Benteng, Jumat (18/7/2023).

“Pengadaan Tornas Kades telah selesai dan akan segera dibagikan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng Drs Tomi Marsi MSi, Selasa (15/7/2023).

Dijelaskan Tomi, pengadaan 142 Tornas dilakukan dengan menggunakan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Benteng tahun anggaran 2023. Pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 2,2 miliar.

“Usulan pergantian Tornas memang telah disampaikan sejak lama. Pasalnya, Tornas Kades memang banyak yang rusak dan kondisinya sudah tak layak,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Benteng Drs Rachmat Riyanto ST MAP menegaskan, Tornas yang dihibahkan harus dirawat dengan baik. Dimulai dari pembayaran pajak kendaraan serta pemeliharaan.

BACA JUGA:PT IBP Luncurkan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, Bantu Warga 8 Desa di Bengkulu Tengah

“Kades harus mentaati aturan yang disepakati dan tertuang di dalam MoU. Melalui MoU tersebut, ada kewajiban membayar pajak, kewajiban memelihara dan lainnya. Apabila melanggar, Pemda berhak menarik kembali motor itu,” tegas Sekda.

Di sisi lain, Sekda juga menuturkan, bahwa Tornas baru diharapkan bisa memperlancar para Kades dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dengan baik.

“Tornas yang lama tak ditarik dan bisa digunakan oleh perangkat desa,” pungkasnya.(135)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: