Mau HP Awet Gak Mudah Rusak? Lakukan Tips Perawatan Jitu Berikut Ini

Mau HP Awet Gak Mudah Rusak? Lakukan Tips Perawatan Jitu Berikut Ini

Beberapa aplikasi tanpa disadari memakan memori dan RAM yang cukup banyak hingga berpengaruh pada performa pemakaian ponsel. Kapasitas memori dan RAM yang mengecil membuat HP menjadi lemot.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Handphone (HP) merupakan benda yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari terutama pada masa kini. Segala aktivitas yang kita lakukan tak lepas dari ponsel yang kita genggam, mulai dari mencari informasi hingga bertransaksi pun melalui Handphone. Seiring bertambahnya waktu, kualitas HP yang dipakai secara terus menerus juga ikut menurun. Jika berniat untuk merawat HP agar awet dan tahan lama dalam jangka panjang, simak tips berikut, yuk!

BACA JUGA:BUKTIKAN! Jawab Kuis Dapat Saldo DANA Gratis Rp100.000 dari Aplikasi Penghasil Uang ini

1. Perhatikan Kebiasaan Dalam Pengisian Baterai

Tak hanya pada handphone, performa baterai yang menurun seringkali menjadi masalah pada barang elektronik secara umum. Baterai yang tak lagi awet biasanya terjadi karena kebiasaan pengguna yang kurang baik, terutama ketika melakukan pengisian daya.

Agar baterai selalu sehat untuk jangka panjang, jangan membiarkan HP dalam kondisi mati total atau baterai 0% karena mempercepat penurunan performa baterai itu sendiri. Alangkah baiknya lakukan pengisian daya ketika baterai sudah menyentuh angka 30%-40% dan jangan terlalu sering mengisi daya hingga 100% untuk menghindari pembengkakan baterai.

BACA JUGA:Usai Sholat Hajat Amalkan Wirid Sunan Kalijaga, Mustajab Mendatangkan Rezeki dan Uang

2. Pakai Charger Original

Untuk mengurangi penurunan kualitas dan kerusakan baterai pada ponsel, selalu gunakan charger original yang berasal dari merk ponsel tersebut serta gunakan charger yang sesuai.

3. Hindari Pemakaian HP di Tempat Panas

Dilansir dari laman resmi Samsung, pemakaian HP yang ideal berada di suhu sebesar 0°-35°C. Pemakaian diatas suhu 35° akan memperpendek umur baterai dan HP berisiko mati tiba-tiba. HP harus disimpan di tempat sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

BACA JUGA:Klaim Link DANA Kaget Hari Ini 16 Agustus 2023: Ambil Rezeki Saldo Rp95.000 Gratis!

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Beberapa aplikasi tanpa disadari memakan memori dan RAM yang cukup banyak hingga berpengaruh pada performa pemakaian ponsel. Kapasitas memori dan RAM yang mengecil membuat HP menjadi lemot. Dengan demikian, periksalah aplikasi yang diunduh secara berkala. Hapus aplikasi yang jarang dipakai untuk mengoptimalkan pemakaian ponsel.

5. Lakukan Pembaruan Sistem Operasi dan Aplikasi Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: