Begini Ciri Seseorang yang Memiliki Trauma dan Pengalaman Pahit Masa Kecil

Begini Ciri Seseorang yang Memiliki Trauma dan Pengalaman Pahit Masa Kecil

Orang yang memiliki trauma masa kecil sering kali cenderung menghindari situasi yang dapat memicu kenangan traumatis atau perasaan yang tidak nyaman--

BENGKULUEKPRESS.COM - Trauma masa kecil dapat memiliki dampak yang kuat pada perkembangan seseorang hingga ke dalam kehidupan dewasa. Pengalaman traumatis pada masa kecil dapat membentuk pola pikir, emosi, dan perilaku yang berlangsung sepanjang hidup.

Mengenali ciri-ciri seseorang yang mungkin mengalami trauma masa kecil penting untuk memberikan dukungan dan pemahaman yang diperlukan. Berikut adalah 7 ciri yang dapat Anda perhatikan pada seseorang yang mungkin mengalami trauma masa kecil.

BACA JUGA:Klaim Link DANA Kaget Hari Ini 14 Agustus 2023: Ambil Rezeki Saldo Rp75.000 Gratis!

1. Ketidakamanan Emosional

Individu yang mengalami trauma masa kecil seringkali mengalami ketidakamanan emosional yang berlebihan. Mereka mungkin cenderung mudah cemas, khawatir, atau sulit mengatasi tekanan emosional. Reaksi emosional yang intens ini bisa berasal dari pengalaman traumatis yang belum terungkap.

2. Sulit Mempercayai Orang Lain 

Seseorang dengan trauma masa kecil sering kali mengalami kesulitan dalam mempercayai orang lain. Pengalaman negatif di masa lalu dapat membuat mereka skeptis terhadap niat baik orang lain dan merasa sulit untuk membuka diri atau berkomunikasi secara terbuka.

BACA JUGA:Bila Ada 3 Tanda ini di Rumah, Syekh Ali Jaber Ungkap Rezeki Akan Melimpah, Apa Saja?

3. Rendahnya Rasa Diri

Trauma masa kecil dapat merusak rasa harga diri seseorang. Mereka mungkin merasa rendah diri, tidak berharga, atau merasa bahwa mereka tidak pantas mendapatkan kebahagiaan atau kesuksesan. Hal ini dapat mempengaruhi cara mereka menjalani kehidupan dewasa.

4. Mempertahankan Emosi 

Kemampuan untuk mengatur emosi dapat terpengaruh oleh trauma masa kecil. Seseorang yang mengalami trauma cenderung memiliki kesulitan dalam mengenali, mengungkapkan, dan mengelola emosi dengan sehat. Mereka mungkin rentan terhadap ledakan emosi atau bahkan keadaan emosionalnya.

BACA JUGA:Kode Transfer BRI ke Danamon, Cara Mudah Transaksinya Via BRImo dan ATM

5. Perubahan dalam Pola Hubungan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: