Ini Dia Wirid Istimewa Penting Selalu Dibaca Umat Islam

Ini Dia Wirid Istimewa Penting Selalu Dibaca Umat Islam

Orang yang telah menyelesaikan suatu aktivitas hendaknya mengucapkan alhamdulillah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banya cara umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, salah satunya melalui wirid atau dzikir. Perintah untuk memperbanyak bacaan dzikir cukuplah banyak, baik yang tertulis dalam Al-Qur’an maupun Hadits.

BACA JUGA:Bacalah Sholawat Jibril 1000 Kali di Hari Jumat, Bisa Kaya Raya dari Jalur Langit

Kali ini akan diulas tujuh (7) wirid istimewa yang hendaknya diketahui. Utamanya terkait tempat dan sebab dianjurkan untuk membacanya yang berasal dari Al-Faqih Abu Al-Laits rahimahullahu ta’ala. Menurutnya, orang yang menghafalkan tujuh (7) kalimat wirid tersebut akan mendapatkan banyak kebaikan.

قال الفقيه أبي الليث رحمه الله تعالى: مَنْ حَفِظَ سَبْعَ كَلِماَتٍ فَهُوَ شَرِيْفٌ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى وَالْمَلَائِكَةِ وَيَغْفِرُ اللهُ ذُنُوْبَهُ وَلَوْ كَانَتْ مِثْلُ زَبَدِ الْبَحْرِ وَيَجِدُ حَلَاوَةَ الطَّاعَةِ وَيَكُونُ حَيَاتُهُ وَمَمَاتُهُ خَيْرًا

Artinya: “Al-Faqih Abil Laits rahimahullahu ta’ala berkata: ‘Barangsiapa yang menghafal tujuh (7) kalimat, maka dia dimuliakan oleh Allah Ta’ala dan para malaikat. Allah akan mengampuni dosanya meskipun sebanyak buih di lautan dan dia akan menemukan manisnya ketaatan, serta hidup dan matinya akan dalam keadaan baik’.” (Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantani, Nashaihul Ibad, hal. 33).

 BACA JUGA:Amalan Kaya Raya dan Banyak Uang dari Abah Guru Sekumpul, Amalkan di Hari Jumat

Berikut ini adalah tujuh (7) kalimat wirid yang dimaksud dalam keterangan tersebut:

Pertama adalah basmalah. 

Hendaknya seseorang ketika akan mengawali sesuatu, khususnya suatu kebaikan dilakukan dengan membaca basmalah. Hal ini sebagaimana sabda Nabi saw:

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لَا يُبْدَأُ فِيْهِ بِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ فَهُوَ أَقْطَعْ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Tiap urusan penting yang tidak diawali dengan ‘bismillaahir rahmaanir rahiim’, maka akan terputus dari rahmat Allah.”

 BACA JUGA:Amalkan 3 Doa Spesial Hari Jumat Pembuka Pintu Rezeki

Kedua adalah hamdalah. 

Orang yang telah menyelesaikan suatu aktivitas hendaknya mengucapkan ‘alhamdulillah’. Disebutkan bahwa disunahkan membaca ‘alhamdulillah’ dalam 11 kondisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: