Wajib Tahu! 6 Tips Agar Data Pribadi Kamu Tak Disebar Pinjol

Wajib Tahu! 6 Tips Agar Data Pribadi Kamu Tak Disebar Pinjol

jaga data pribadi pinjol--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Alternatif solusi pemenuhan kebutuhan dana cepat saat ini yang sering dimanfaatkan adalah pinjaman online alias pinjol. Ini pula yang membuat usaha pinjol berkembang pesat. Tak hanya pinjol yang legal tapi juga pinjol ilegal pun ikut berkembang.

Pinjol ini dianggap prosesnya cepat dan mudah. Bahkan tanpa jaminan dan agunan walaupun terkadang bunganya juga tak masuk akal. Bahkan membahayakan peminjam.

Proses peminjamannya pun cukup memanfaatkan teknologi dan mengupload data pribadi. Tapi jika tidak hati-hati, data pribadi ini bisa disebar dan dimanfaatkan untuk kejahatan digital. Terutama saat menyerahkan data pada pinjol yang ilegal.

Lalu, bagaimana cara kamu bisa melakukan peminjaman uang dengan aman tanpa khawatir data pribadimu tersebar dimana-mana?

Berikut ini kami rangkum buat kamu mengutip dari berbagai sumber tips agar pinjol tidak sebar data pribadi:

1. Ajukan pinjaman hanya pada pinjol resmi yang berizin dan diawasi OJK

OJK membuat kewajiban bagi pinjol resmi untuk mematuhi segala kebijakan yang berkaitan dengan kepatuhan, salah satunya adalah mengenai kebijakan data pengguna. Pinjol resmi hanya berhak untuk mengakses camera, location dan microphone pada ponsel pengguna.

Untuk mencari tau apa saja yang diakses oleh aplikasi pinjol kamu, kamu bisa terlebih dahulu download dan install aplikasi. Kemudian, pilih menu pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi pinjaman > klik menu “izin”, lalu kamu bisa melihat fitur yang diakses oleh aplikasi. Jika aplikasi pinjaman kamu terbukti mengakses kontakmu, harap waspada. Menghapus aplikasi yang terbukti mengakses kontak, adalah cara pencegahan ideal sebagai cara agar pinjol tidak sebar data.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah Cepat Cair 2023

3. Pahami syarat dan ketentuan sebelum melakukan pinjaman

Penting untuk mengetahui syarat dan ketentuan aplikasi pinjaman sebagai cara agar pinjol tidak sebar data. Sebelum masuk ke halaman pengajuan pinjaman, pengguna aplikasi pinjol akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan sebagai tanda bahwa pengguna sudah memahami dan menyanggupi kebijakan sebagai seorang peminjam.

Cek kembali apakah aplikasi pinjol pilihanmu meminta akses data kontak pengguna dan apa saja kebijakan yang diterapkan untuk akses data tersebut. Jika sudah benar-benar memahami dan dirasa tidak memberatkan, kamu bisa menyetujuinya dan melanjutkan proses pengajuan pinjaman.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Pinjol Lewat WA Terpercaya, Aman dan Cepat Cair

2. Tepati pembayaran pinjaman sesuai tanggal jatuh tempo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: