Mau Hindari Lembur di Kantor? Ikuti Tips Jitu Ini

Mau Hindari Lembur di Kantor? Ikuti Tips Jitu Ini

Saat bekerja terkadang ada waktunya dimana kolega meminta bantuanmu guna menyelesaikan tugas pekerjaan yang mendesak.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Akan ada masanya bahwa kita mengalami lembur. lembur adalah kondisi dimana kita perlu mengerjakan tugas pekerjaan melebihi dari waktu pekerjaan yang ditetapkan karena tuntutan deadline atau tugas yang tertunda.

BACA JUGA:Ini Dia Tips Melentikkan Bulu Mata Secara Alami

Melakukan lembur pada saat-saat tertentu memang diperlukan, namun jika dilakukan secara terus menerus ada baiknya kamu mengevaluasi kinerjamu selama di kantor karena hal tersebut dapat merugikan kamu secara jangka panjang. Dilansir dari laman Workplays, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan guna menghindari lembur di kantor. 

1. Kelola beban pekerjaan 

Berlawanan dari kebiasaan multitask yang sering dilakukan sebagian besar orang pada saat bekerja karena dipercaya dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dari biasanya. Padahal melakukan banyak hal di saat bersamaan hanya membuat dirimu tidak fokus.

BACA JUGA:Jauh dari Hidup Mlarat, Weton Ini Memasuki Masa Emasnya

Maka dari itu urutkan pekerjaan mana saja yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Setelah mengetahui masing-masing tenggatnya buat prioritas. Jangan sampai prioritas tersebut terbalik ya. Awalnya mungkin hal ini akan sulit kamu lakukan namun ingatlah bahwa kamu akan terbiasa melakukan hal ini seiring waktu berjalan. 

2. Kurangi distraksi ketika kerja

Setiap kantor memiliki aturan yang berbeda terkait penggunaan ponsel dalam jam kerja. Jika perusahaanmu menerapkan aturan yang ketat maka akan memudahkan dirimu untuk menjauhkan diri dari distraksi yang ada di ponsel. Namun jika perusahaan memperlakukan aturan yang longgar maka kontrol pertama mengenai distraksi di luar pekerjaan harus kamu tegakkan terlebih dahulu.

BACA JUGA:Sering Kangen Rumah? Begini Cara Mengatasi Rasa Homesick Bagi Mahasiswa Baru

Batasi penggunaan aplikasi di luar kebutuhan pekerjaan. Sebisa mungkin tahan rasa ingin tahumu terhadap kabar yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Dengan begitu kamu dapat mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan menghindari lembur. 

3. Mengetahui batas kemampuan pekerjaan

Saat bekerja terkadang ada waktunya dimana kolega meminta bantuanmu guna menyelesaikan tugas pekerjaan yang mendesak. Namun kamu tetap harus memprioritaskan pekerjaan dan tanggunganmu terlebih dahulu.

BACA JUGA:Cari Pelaku Tabrak Lari, Warga Batiknau Blokade Jalan Larang Truk Batubara Melintas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: