Ini Cara Mudah Merawat Kipas Angin Jadi Lebih Awet!

Ini Cara Mudah Merawat Kipas Angin Jadi Lebih Awet!

Debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas dapat mengurangi efisiensi dan meningkatkan keausan--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kipas angin adalah peralatan elektronik yang sangat bermanfaat untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan. Meskipun tidak senyaman menggunakan AC, namun Kipas angin tetap bisa diandalkan.

Agar kipas angin Anda tetap berfungsi dengan optimal dan memiliki usia pakai yang lebih panjang, diperlukan perawatan rutin. Nah, berikut adalah 5 tips sederhana untuk merawat kipas angin yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:OVO | ModalUsaha Taralite, Pinjaman Modal Kerja Hingga Rp 2 Miliar Tanpa Agunan

1. Bersihkan kipas angin secara teratur 

Debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas dapat mengurangi efisiensi dan meningkatkan keausan. Bersihkan kipas secara teratur dengan kain lembut atau kuas untuk menghilangkan debu dari bilah kipas, grill, dan bagian lainnya. Pastikan untuk membersihkan dengan hati-hati, terutama saat membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

2. Periksa kabel dan saklar

Periksa kondisi kabel dan saklar kipas secara berkala. Pastikan tidak ada kerusakan pada kabel dan colokan, serta saklar dapat berfungsi dengan normal. Jika Anda menemukan masalah dengan kabel atau saklar, segera ganti atau perbaiki sebelum menggunakannya lagi.

BACA JUGA:Insyaallah Semua Doa Dikabulkan, Syekh Ali Jaber: Amalkan ini di Hari Jumat

3. Berikan pelumas

Beberapa jenis kipas angin memiliki bantalan yang memerlukan pelumasan. Periksa petunjuk penggunaan untuk mengetahui jenis pelumas yang sesuai dan berapa frekuensi pelumasan yang dianjurkan. Pastikan juga kipas Anda dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan aliran listrik saat memberikan pelumas.

4. Letakkan kipas di tempat yang tepat

Hindari menempatkan kipas angin di lingkungan yang lembap atau berdebu. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan korosi pada bagian dalam kipas dan mengganggu kinerjanya. Selain itu, debu yang menumpuk dapat menghambat kipas dan mengganggu aliran udara.

BACA JUGA:Kode Briva Gopay, Begini Cara Top up Gopay Lewat ATM BRI dan BRImo

Jika kipas sedang tidak digunakan, ada baiknya untuk membersihkan kipas dengan baik lalu simpan di tempat yang aman, bebas dari debu dan kelembapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: