RAM Expander Bisa Menambah RAM Smartphone? Begini Penjelasannya

RAM Expander Bisa Menambah RAM Smartphone? Begini Penjelasannya

Random Access Memory (RAM) pada smartphone adalah jenis memori semikonduktor yang berfungsi untuk menyimpan data sementara saat ponsel beroperasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Saat ini ada begitu banyak aplikasi RAM expander yang tersedia di PlayStore dan AppStore. Aplikasi-aplikasi tersebut mengklaim bahwa mereka mampu menambah jumlah RAM pada smartphone dan meningkatkan kinerjanya. Benarkah demikian?

BACA JUGA:BRI Arga Makmur Nyatakan Eksekusi Sesuai Ketentuan, Edrial: Pemilik Menolak Kosongkan Rumah Selama 8 Tahun

Apa itu RAM?

Sebelum membahas soal RAM expander, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu RAM. Random Access Memory (RAM) pada smartphone adalah jenis memori semikonduktor yang berfungsi untuk menyimpan data sementara saat ponsel beroperasi. RAM digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang diperlukan oleh aplikasi dan sistem operasi agar dapat diakses dengan cepat oleh prosesor dan perangkat lunak lainnya.

Saat kamu membuka aplikasi pada smartphone, data aplikasi tersebut dimuat ke dalam RAM. RAM berperan penting dalam kinerja perangkat karena memungkinkan sistem untuk mengakses data dengan cepat daripada mengandalkan penyimpanan internal seperti ROM (Read-Only Memory) atau penyimpanan eksternal seperti kartu SD.

BACA JUGA:Waspada Modus Baru Penipuan Lewat QRIS

Dengan demikian, semakin besar RAM yang dimiliki oleh smartphone, semakin lancar dan responsif pula kinerja smartphone kamu. Jadi, RAM memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman pengguna yang baik dan mulus saat menggunakan smartphone.

Apa itu RAM expander?

Dari nama dan fungsinya, aplikasi RAM expander atau RAM booster adalah aplikasi yang memungkinkan smartphone kamu memiliki RAM tambahan, sehingga kinerja ponsel kamu akan lebih maksimal.

BACA JUGA:Ekspedisi Rupiah, BI Bengkulu Siapkan Rp 750 Juta untuk Masyarakat Pulau Enggano

Namun, pada dasarnya aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat menambahkan RAM ke dalam smartphone secara fisik. Disebutkan sebelumnya bahwa kapasitas RAM telah ditentukan saat smartphone diproduksi, dan tidak dapat diubah oleh aplikasi.

Apa fungsi RAM expander?

Meskipun aplikasi RAM expander tidak memberikan RAM tambahan secara fisik, namun aplikasi ini beroperasi dengan cara meningkatkan kinerja RAM pada smartphone. Caranya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan RAM atau membersihkan beberapa aplikasi latar belakang yang tidak aktif. Namun, peningkatan ini tidak benar-benar menambah kapasitas fisik RAM.

BACA JUGA:Ini 7 Cara Mendapatkan Uang di Google Terbaru 2023, Hasilkan Uang dari Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: