Kabar Gembira untuk Petani Sawit, Harga TBS Naik, Segini Harganya

Kabar Gembira untuk Petani Sawit, Harga TBS Naik, Segini Harganya

Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Bengkulu saat menyampaikan penetapan harga TBS-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Bengkulu bersama dengan Satgas penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit telah melakukan penentuan harga TBS per 1  Agustus 2023.

Penetapan harga TBS kelapa sawit ini mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 01/PERMENTAN/KB.120/1/2018 tentang pedoman penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit produksi perkebunan dan juga Peraturan Gubernur Nomor 64 Tahun 2018.

Disampaikan Ketua KADIN Provinsi Bengkulu melalui Wakil Ketua Bidang Pertanian dan Perkebunan KADIN Provinsi Bengkulu, Arnof Wardin, penetapan harga TBS kelapa sawit ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh petani sawit.

Terlebih, pada bulan lalu harga TBS kelapa sawit mengalami penurunan yang tentunya sangat tidak mensejahterakan kehidupan petani sawit.

BACA JUGA:DPRD Kota Voting Usulan Calon Penjabat Walikota Bengkulu, Ini 6 Diusulkan ke Kemendagri 

"Penetapan harga TBS Sawit ini tentu sudah ditunggu-tunggu oleh para petani sawit, termasuk cangkang sebagai nilai tambah untuk harga TBS sawit itu sendiri," ujarnya, di Kantor Kadin, Selasa (1/8/2023).

Arnof menambahkan, penetapan harga TBS kelapa sawit untuk Provinsi Bengkulu mengalami kenaikan. 

Dimana kenaikan harga TBS kelapa sawit ini menyangkut beberapa hal. Seperti nilai cangkang, rendemen hingga indeks K atau porsi yang diterima pekebun setelah dikurangi biaya pengolahan TBS sampai menjadi produk CPO, PK dan cangkang. 

"Harga TBS Sawit naik, dari bulan kemarin. Termasuk indekss K, yang sudah kita lakukan dan ikut naik. Dari 84 menjadi 86 terhadap harga itu sendiri. Sehingga harga TBS khusus perkebunan melalui lembaga perkebunan yang bermitra dengan pabrik kelapa sawit Provinsi Bengkulu cukup menggembirakan," sambungnya.

Untuk kenaikan harganya sendiri, Arnof menyebutkan harga TBS kelapa sawit per Agustus 2023 sebesar Rp 2.316. Jika dibandingkan dari bulan lalu sebesar Rp Rp 1.966.

BACA JUGA:Beberapa Pekerjaan Ini Berpotensi Hilang Digantikan Robot, Apa Saja Itu?

Menurut Kadin Provinsi Bengkulu, penetapan harga TBS kelapa sawit ini dianggap penting agar ada perlindungan terhadap para petani ataupun pekebun sawit itu sendiri. 

Oleh karena  itulah penetapan harga TBS kelapa sawit berpatokan dengan aturan yang ada, yaitu Permentan dan Pergub tahun 2018.

Untuk harga sendiri dimulai dari umur tanam, baik 3 tahun sampai dengan 25 tahun. Namun dalam hal ini secara rata-rata Kadin mengambil dari umur tanaman 10 -20 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: