Jangan Panik! Ini Cara Jitu untuk Mengatasi Mimisan pada Anak

Jangan Panik! Ini Cara Jitu untuk Mengatasi Mimisan pada Anak

Ketika anak mengalami mimisan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan anak--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mimisan atau sering juga disebut sebagai epistaksis adalah kondisi ketika keluarnya darah dari hidung secara tiba-tiba. Mimisan pada anak cukup umum terjadi dan biasanya tidak menimbulkan bahaya. Namun, hal tersebut perlu menjadi perhatian jika terjadi secara berulang kali dengan jumlah yang cukup banyak.

BACA JUGA:Kredit Instan Kredivo, Limit Hingga Rp 50 Juta Untuk Kemudahan Transaksi Dengan Bunga Terendah

Berikut ini beberapa langkah yang wajib diikuti untuk mengatasi mimisan pada anak, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tenangkan Anak

Ketika anak mengalami mimisan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menenangkan anak. Jelaskan pada anak bahwa ini adalah hal yang umum terjadi dan tidak perlu khawatir. Beri dukungan dan kehadiran yang menenangkan agar anak tidak perlu cemas.

BACA JUGA:Lakukan 5 Cara Ini Untuk Hasilkan Cuan Dari Facebook

2. Duduk atau Berdiri dengan Posisi Tegak

Bantu anak untuk duduk atau berdiri dengan posisi tegak. Hindari posisi berbaring karena hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke hidung menjadi lebih besar.

3. Miringkan Kepala Anak

Minta anak untuk membungkuk ke depan atau miringkan kepalanya ke depan. Hal ini akan membantu menghindari darah masuk ke tenggorokan dan mencegah anak untuk tersedak.

BACA JUGA:Mantul!! Aplikasi CashBird, Buat Akun Baru Aja Sudah Cuan Rp42.000 Saldo Gratis, Buruan Coba Tanpa Deposit

4. Tekan Bagian Lunak Hidung

Bimbing anak untuk meremas bagian lunak hidung dengan lembut menggunakan jari-jari atau ibu jari dan telunjuk. Tekanan ini membantu menghentikan aliran darah dari pembuluh darah yang pecah di dalam hidung.

5. Jangan Miringkan Kepala ke Belakang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: