Sengon Siap Panen

Sengon Siap Panen

KEPAHIANG, BE - Puluhan hektare tanaman sengon milik masyarakat Kepahiang siap memasuki masa panen. Ini setelah masa umur tanaman sengon yang menjadi program Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM tersebut telah mencapai 3 tahun lebih dengan diamater tanaman mencapai 20 cm lebih.

Firdaus SH, salah seorang pengusaha tanaman sengon di Kepahiang, menyampaikan saat ini dari 30 hektar lahan untuk tanaman sengon miliknya, sebanyak 10 hektar sudah layak panen.

\"Dalam 10 hektar lahan saya tersebut terdapat sekitar 20 ribu tanaman dengan dengan diameter 20 cm dan ini sudah masuk masa panen pada tahun ini,\" ujar Firdaus.

Dikatakannya, para petani sengon masih menunggu beroperasinya pabrik sengon di Kecamatan Bermani Ilir. \"Saat ini untuk melakukan panen kita masih menunggu beroperasinya pabrik sengon, rata-rata tanaman sengon saya sudah masuk usia tanam 3 tahun lebih,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kepahiang Drs H Bando Amin C Kader MM menyampaikan jika keberadaan pabrik sengon di Kepahiang akan dapat difungsikan pada tahun 2013 ini. Ini setelah mesin untuk pabrik sengon seberat 15 ton telah berhasil didatangkan ke Kepahiang.

\"Untuk pengoperasian pabrik kita tinggal menunggu tahapan finishing pendirian pabrik saja karena saat ini mesin pabrik sengon tersebut telah ada dan siap beroperasi. Perkiraan kita memang pada tahun 2013 ini beberapa tanaman sengon milik masyarakat Kepahiang akan memasuki masa panen,\" singkat Bando.(505)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: