Hutang itu Berbahaya! Ini 5 Hadist yang Menjelaskan Bahaya Berhutang

Hutang itu Berbahaya! Ini 5 Hadist yang Menjelaskan Bahaya Berhutang

Ilustrasi Hutang-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Banyak hadist-hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang bahaya berhutang. 

Dengan begitu umat Muslim dapat belajar agar tidak mudah berhutang, kecuali jika mengalami kondisi darurat.

Dan jika terpaksa berhutang, alangkah baiknya untuk segera melunasi hutang tersebut, agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

Melansir dari Muslim OR. ID berikut hadist-hadist tentang bahaya berhutang yang mesti umat Muslim ketahui.

BACA JUGA:Kenali Sifat dan Karakter Bulan Lahir Pasangamu Berdasarkan Primbon

HADIST PERTAMA

Terkait bahaya hutang ini telah dijelaskan lewat hadist Uqbah bin Amir Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda, berhutang sama saja seperti meneror diri sendiri.

"Jangan kalian meneror diri kalian sendiri, padahal sebelumnya kalian dalam keadaan aman.’ Para sahabat bertanya, ‘Apakah itu, wahai Rasulullah?’ Rasulullah menjawab, ‘Itulah hutang!’ (HR. Ahmad [4/146], At Thabrani dalam Mu’jam Al Kabir [1/59], disahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah [2420]).

HADIST KEDUA

Tentang bahaya hutang juga dijelaskan lewat hadist Abdullah bin Umar Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih punya hutang, maka kelak (di hari kiamat) tidak ada dinar dan dirham untuk melunasinya. Namun yang ada hanyalah kebaikan atau keburukan (untuk melunasinya)” (HR. Ibnu Majah no. 2414, disahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah no. 437).

HADIST KETIGA

Bahaya hutang selanjutnya juga disebutkan lewat hadist Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu. Bahkan, Rasulullah SAW bersabda jika seseorang berhutang di dunia maka ruhnya akan terkatung-katung.

"Ruh seorang mukmin (yang sudah meninggal) terkatung-katung karena hutangnya sampai hutangnya dilunasi." (HR. At Tirmidzi no. 1079, ia berkata, “(Hadits) hasan”, disahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: