Ingin Nasihat Didengar Oleh Anak? Pakai Cara Ini

Ingin Nasihat Didengar Oleh Anak? Pakai Cara Ini

orang tua harus bisa menghormati anak dengan mendengarkan ucapan anak. Jika ingin didengar, berikan contoh bagaimana cara mendengarkan perkataan orang lain.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada kalanya anak melalukan kesalahan atau tidak menuruti nasihat orang tua. Jika sampai terjadi anak membangkang nasihat orang tua tak jarang anak tersebut akan dilabeli sebagai anak pembangkang atau tidak patuh.

BACA JUGA:Bolehkah Puasa Asyura Tanpa Puasa Tasua? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Padahal sebenarnya tidak demikian, bisa jadi anak sedang dalam fase mengeksplorasi diri, ingin mempertahankan pendapatnya. Namun, orang tua tentunya ingin agar anak menuruti nasihatnya. Maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak mau menuruti nasihatnya. Inilah cara menasihati anak agar bisa nurut dengan orang tua.

1. Hindari berteriak dan memaksa anak.

Berteriak tidak akan membuat anak patuh dan menuruti perintah. Justru sebaliknya, berteriak membuat hati anak semakin keras dan enggan untuk patuh. Saat orang tua berteriak maka anak hanya akan berhenti sesaat karena terkejut.

BACA JUGA:Wujudkan Impian Miliki Mobil Idaman Melalui KKB iB Bank BCA Syariah

2. Lembut disertai sentuhan.

Bahasa yang tenang dan lembut akan membuat anak lebih nyaman. Terlebih jika ditambah sentuhan saat berbicara dengan anak, anak akan merasa dihargai.

3. Dengarkan perkataan anak karena anak juga mempunyai opini yang ingin untuk diungkapkan kepada orang tua.

Maka orang tua harus bisa menghormati anak dengan mendengarkan ucapan anak. Jika ingin didengar, berikan contoh bagaimana cara mendengarkan perkataan orang lain. Buka telinga lebar-lebar dan dengarkan dengan seksama saat anak berbicara dan hindari memotong pembicaraannya. Beri kesempatan anak untuk mengungkapkan apa yang ada dalam, pikirannya.

BACA JUGA:Bansos Cair Lagi Juli-Agustus 2023, Cek Namamu di Sini

4. Beri apresiasi. Apresiasi yang positif akan membuat si kecil merasa termotivasi untuk patuh.

Ia juga akan melakukan perintah orang tua dengan rasa senang tanpa paksaan.

5. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: