Ini Dia Kota Paling Toleransi Nomor 1 di Indonesia

Ini Dia Kota Paling Toleransi Nomor 1 di Indonesia

Kota singkawang dinobatkan sebagai kota paling toleransi di Indonesia--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Indonesia terdiri dari banyak ras, suku, agama, budaya, dan bahasa. Di Indonesia sendiri terdapat 6 agama yang berbeda-beda, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Namun perbedaan tersebut tidak menjadikan rakyat Indonesia terpecah belah.

Salah satu daerah dengan sebutan Kota Paling Toleransi di Indonesia yaitu Daerah Singkawang, Kalimantan Barat.Terbukti dari ikon dari kota ini yaitu Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

BACA JUGA:Mau Rezeki Lancar dan Bebas Santet, Ikuti Arah Tidur Sesuai Weton Ini

Vihara yang berada di tengah pusat Kota Singkawang ini berseberangan langsung dengan Masjid tertua di Singkawang, yaitu Masjid Raya. Tak hanya itu, di sisi lain juga terdapat sebuah Gereja yang tempatnya bersebelahan dengan tempat ibadah agama Buddha yaitu Kelenteng.

Mengutip dari akun Youtube @Ric Snt, masyarakat Singkawang juga memiliki slogan yang terkenal, yaitu CIDAYU yang berarti (Cina,Dayak, dan Melayu) Masyarakat disini sejak dulu sudah terbiasa hidup rukun dengan orang sekitarnya yang berbeda keyakinan.

BACA JUGA:Punya Kharisma Kuat, Ini Dia Kekuatan Khodam Macan Loreng

Mereka tidak pandang bulu dengan siapa mereka bermasyarakat dan bersosialisasi. Selain suku Cidayu, di Singkawang juga ada beberapa masyarakat dari suku Jawa, Madura, Padang, Bugis, dan masih banyak lagi. Salah satu kebiasaan unik masyarakat Singkawang adalah mereka biasanya menikmati kopi di kedai-kedai yang berada di pinggir jalan sembari bercengkerama dengan pengunjung lainnya.

Tak hanya itu saja, hal yang juga bisa ditemui di Daerah ini adalah pernikahan silang, atau pernikahan dengan perbedaan keyakinan.Hal itu tidaklah menjadi sebuah alasan bagi masyarakat Singkawang. Nyatanya pernikahan dengan berbeda keyakinan masih banyak dilakukan di daerah ini.

BACA JUGA:Pantai Ngobaran Gunungkidul, Jejak Kobaran Api Lokasi Pamoksan Prabu Brawijaya V

Itulah sebabnya mengapa Singkawang dinobatkan sebagai Kota paling toleransi di Indonesia, sangat mencerminkan sebuah persatuan dan kesatuan sekali bukan.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: