Beli BB, Ditipu Teman Facebook

Beli BB, Ditipu Teman Facebook

\"fb\"GADING CEMPAKA, BE - Korban penipuan dengan modus pemesan barang komoditi melalui pertemanan Facebook di internet terus bertumbangan. Terbaru, Dina Meysira (23) warga Rawa Makmur Merpati 2 Kecamatan Muara Bangkahulu menjadi korbannya. Berniat membeli telepon seluler jenis Blackberry (BB), ia ditipu teman Facebook-nya berinisial RR. Akibat penipuan ini, Dina harus menanggung kerugian jutaan rupiah.

Diceritakan Dina kepada polisi dalam laporan berstatus penipuan dengan nomor laporan polisi: LP-B/319/II/2013/SIAGA SPKT II. Awalnya, ia telah lama berteman dengan pelaku. Kemudian, suatu waktu pelaku menawarkan BB kepadanya. Tertarik dengan harganya yang murah, Dina lantas memesan barang tersebut dan oleh pelaku.

Dina pun diminta  mentranfer uang. Pelaku berjanji kepadanya apabila uang tersebut telah ditransfer, barang pesanannya akan segera dikirim. Karena yakin tak akan dibohongi, 20 Februari lalu, tepat pada pukul 19.12 WIB, Dina mentranfer uang kepada pelaku di ATM BCA Cabang Rawa Makmur.

Namun setelah uang tersebut ia tranfer, Dina merasa curiga karena pertemanannya di Facebook tak lagi direspon oleh pelaku. Ia terus mencoba untuk menghubungi pelaku tapi usahanya itu sia-sia. Barang yang ia nantikan pun tak kunjung sampai ke rumahnya. Sadar menjadi korban penipuan, Dina melaporkan hal ini ke Mapolda Bengkulu, kemarin.

Kepala Bidang Humas Polda Bengkulu AKBP Hery Wiyanto mengungkapkan telah menerima laporan tersebut. Namun diakuinya, kasus ini masih dalam penyelidikan. Hery juga menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dengan penipuan modus semacam ini. \"Sudah banyak yang melapor kepada kami mengenai masalah semacam ini. Modusnya menjual telepon seluler dengan harga miring.

Kalau memang tidak mengenal dengan jelas dan pasti siapa orang yang dikenal di internet itu, sebaiknya tak usah melakukan transaksi. Kami berharap masyarakat dapat lebih waspada dan berhati-hati,\" ucapnya. (009)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: