Agar Data Pribadi di Ponsel Aman Dari Susupan Spyware, Ini Cara Mencegahnya

Agar Data Pribadi di Ponsel Aman Dari Susupan Spyware, Ini Cara Mencegahnya

Mencegah Data Pribadi di Ponsel Aman Dari Susupan Spyware-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Data pribadi  kerap kali dicuri oleh orang lain melalui aplikasi-aplikasi yang tak bertanggung jawab melalui ponsel seseorang.

Spyware menjadi salah satu yang paling dihindari oleh para pengguna android. Spyware merupakan malware yang paling jahat pada android. Spyware pada android, terlihat tidak membahayakan dan cenderung terlihat seperti aplikasi yang biasa-biasa saja.

Namun siapa menduga, bahwa di balik yang biasa-biasa tersebut semua rahasia dan unggahan digital pengguna Android bisa diketahui. Mengabaikan adanya spyware pada Android tidak ubahnya seperti membiarkan seluruh data dan rekam digital diketahui pihak lain.

Karena itulah menentukan aplikasi-aplikasi mana saja yang termasuk sebagai pelacak atau spyware, menjadi sangat diperlukan. Salah satu cara termudah untuk bisa melakukan pembedaan antara aplikasi yang terlihat biasa dengan spyware adalah dengan bantuan Anti Malware.

BACA JUGA:Sony Rilis Kamera Alpha A6700, Duduki Urutan Teratas Kamera Mirrrorless APS-C

Dengan cara dan langkah ini, maka pengguna Android bisa memberikan solusi bagi perangkat. Terlebih apabila pengguna Android sering melakukan unduhan atau men-download aplikasi dari layanan Playstore.

Namun demikian, masih ada cara lain yang dapat dilakukan oleh pengguna Android terkait cara menangani malware. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun pengguna android untuk mengetahui ancaman atau potensi malware.

Mencegah Android Tidak Disusupi Spyware

Diulas kan YouTube MalwareFox, pertama, lakukan pemantauan secara berkala terhadap penggunaan data yang dimiliki oleh pengguna Android. Pemantauan data pengguna dapat dilihat dari menu pengaturan perangkat, jika terdapat aplikasi yang bekerja tanpa diketahui bisa jadi itu merupakan spyware.

Kedua, perangkat Android yang sudah diretas atau terjangkit spyware biasanya akan cepat menghabiskan daya baterai.

Langkah pemantauan terhadap aplikasi yang banyak menghabiskan baterai juga perlu dilakukan, caranya dengan melihat pada menu pengaturan.

BACA JUGA:Ini Fungsi dan Manfaat Daripada Mode Pesawat yang Ada di Smartphone

Apabila terdapat satu atau lebih aplikasi yang banyak menggunakan daya, dan tidak dipergunakan sebelumnya; bisa jadi spyware tersimpan disana. Salah satu cara agar spyware berhenti melacak dan memata-matai perangkat Android pengguna, adalah dengan segera menghapusnya.

Jika pada aplikasi yang mencurigakan tersebut tidak terdapat menu menghapus instalasi, maka pengguna perlu melakukan perubahan pengaturan di sistem administrator. Untuk mencegah masuknya spyware pada perangkat Android, pengguna juga perlu melakukan sejumlah pencegahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: