Begini Gambaran Tuyul Beserta Asal Usulnya

Begini Gambaran Tuyul Beserta Asal Usulnya

beredar dikalangan masyarakat, tuyul dipercaya mempunyai kemampuan untuk mencuri uang atau barang berharga dengan cara yang tidak terlihat oleh manusia biasa--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Pernahkah kalian mendengar nama tuyul atau bahkan melihatnya. Mungkin jika mendengar nama tuyul pasti tak asing lagi di dengar oleh telinga kita.

Sosok makhluk ghaib yang memiliki tubuh kecil, itulah gambaran tuyul di kalangan masyarakat sekitar. Akan tetapi tahukah kalian tentang asal mula tuyul tersebut?

BACA JUGA:UKM Bisa Dapat Tambahan Modal Usaha Hingga Rp 2 Miliar Dari Kredit Mikro Bank Sinarmas, Begini Syaratnya

Menarik untuk dibahas, berikut diutip dari kanal YouTube @Jana Kabumian. Tuyul merupakan makhluk mistis dalam mitologi Jawa yang dikenal dalam budaya Indonesia.

Tuyul dianggap sebagai jenis hantu kecil atau makhluk gaib yang dapat melakukan berbagai tindakan dan melayani tuannya, terutama dalam hal mencuri uang.

BACA JUGA:Amalkan Doa ini di Hari Jumat, Ustadz Adi Hidayat: Rezeki Bakal Melimpah dan Hutang Langsung Lunas

Asal mula cerita tentang tuyul berasal dari kepercayaan dan cerita rakyat yang berkembang di masyarakat Jawa. Konon, tuyul dipercayai sebagai makhluk hasil perjanjian dengan entitas gaib atau sebagai anak kecil yang meninggal karena digugurkan.

Didalam beberapa versi cerita, tuyul dikatakan merupakan sesosok manusia kecil yang dikendalikan oleh seorang dukun atau pemiliknya.

Hal ini bertujuan untuk kejahatan, sementara dalam versi lain, sedangkan pada versi lain, tuyul diartikan sebagai roh halus yang jahat.

BACA JUGA:Hanya Modal KTP, KTA Tunaiku Amar Bank Bisa Cair Rp 20 Juta, Mudah dan Tanpa Agunan

Selain itu, yang beredar dikalangan masyarakat, tuyul dipercaya mempunyai kemampuan untuk mencuri uang atau barang berharga dengan cara yang tidak terlihat oleh manusia biasa. Akan tetapi uniknya, menurut masyarakat tuyul hanya bisa mencuri uang milik pribadi dan bukan seperti ATM.

Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa tuyul diyakini dapat digunakan sebagai alat untuk melindungi rumah. Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat, tuyul dipercaya dapat memberikan efek negatif kepada pemiliknya.

Hal ini dikarenakan sebelum tuyul tersebut mengikuti apa yang diinginkan pemiliknya, tuyul harus memiliki imbalan dari pemiliknya. Salah satunya ialah dengan menyusuinya di setiap kali tuyul ini menginginkannya.

BACA JUGA:Galau Dompet Menipis? Begini Doa Keluar Rumah Saat Rezeki Seret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: