Inilah Amalan Utama Bulan Muharram, Ustadz Khalid Basalamah Sampaikan Keutamaannya

Inilah Amalan Utama Bulan Muharram, Ustadz Khalid Basalamah Sampaikan Keutamaannya

Ustadz Khalid Basalamah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam sebuah kesempatan, Ustadz Khalid Basalamah pernah menjelaskan terkait dengan amalan utama yang bisa dilakukan umat Islam di Bulan Muharra.

Dalam penjelasannya, Ustadz Khalid Basalamah menekankan bahwa salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan pertama kalender Hijriyah adalah melakukan puasa sunnah.

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan bahwa ada dua jenis puasa sunnah yang khusus dilakukan pada bulan Muharram, yaitu Puasa Tasua dan Puasa Asyura.

BACA JUGA:Hukum Merayakan Tahun Baru Islam, Berikut Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

BACA JUGA:Cukup Baca Sekali, Ustadz Khalid Basalamah: Rezeki Langsung Melimpah dan Mudah Didapat

Selain itu, terdapat beberapa amalan sunnah lainnya yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam pada Bulan Muharram.

Ustadz Khalid Basalamah juga menjelaskan bahwa terdapat kebiasaan bagi umat Muslim untuk berpuasa selama dua hari pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Amalan utama pada bulan Muharram untuk umat Islam tersebut, disampaikan Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah video yang diunggah kanal Youtube Syiarku Islam.

"Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW perintahkan kita berpuasa di Hari Tasu'a dan Asyura, dikerjakan satu bulan setelah bulan Zulhijah," ungkap Ustadz Khalid Basalamah.

Dijelaskan Ustadz Khalid Basalamah, Tasua sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu tis'a yang memiliki arti sembilan. Sedangkan Asyura berasal dari kata 'asyara yang berarti sepuluh.

BACA JUGA:Hukum Kredit Motor atau Mobil Apakah Riba? Ini Kata Ustad Khalid Basalamah

BACA JUGA:Mengemis Ternyata Malah Bikin Miskin, Berikut Penjelaskan Ustadz Khalid Basalamah

Dasar dari perintah puasa asyura sendiri berasa dari Hadist Rasulullah SAW. Dimana kala itu seorang sahabat datang dari Rasulullah pada tanggal 10 Muharram.

Sahabat tersebut menemui Rasulullah setelah menunaikan Sholat Dhuha dan berkata bahwa orang-orang Yahudi sedang berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: