Wow, Ternyata Ada Kampung yang Dihuni Para Janda, Tertarik Berkunjung Kesana?

Wow, Ternyata Ada Kampung yang Dihuni Para Janda, Tertarik Berkunjung Kesana?

Ada dua kampung di Pasuruan dan Gunung Kidul yang ditinggali mayoritas oleh para janda--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ternyata ada perkampungan yang dihuni khusus oleh para janda - janda saja. Ada 2 tempat yang disebut sebagai perkampungan janda dan akan kita bahas, di Pasuruan dan di Gunung kidul. Apakah anda tertarik berkunjung ke sini? Langsung saja kita ulas ke 2 kampung janda berikut ini.

1. Kampung Janda Pasuruan

Tempatnya di Perumahan Arbain yang terletak di Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur. Sebenarnya tak ada yang aneh dengan perumahan tersebut, tetapi rupanya seluruh warga di sana berstatus janda.

BACA JUGA:Bisnis Pembiayaan Makin Prospektif, Investor Asing Lirik Perusahaan Multifinance Indonesia

Selama menetap di sana, seluruh wanita yang berstatus janda akan menetap secara gratis dan mendapat jatah beras setiap dua bulan sekali.

Meski bisa tinggal secara gratis dan mendapat jatah beras cuma-cuma, para penghuni di perumahan Arbain harus memenuhi syarat utama yakni berstatus janda dan berasal dari keluarga yang tak mampu. Selain syarat tersebut, wanita berstatus janda yang memiliki anak akan lebih dulu di prioritaskan.

Bila nantinya sang wanita menikah atau anak-anaknya menikah, mereka harus keluar dari perumahan Arbain. Selama menetap di sana, seluruh wanita yang berstatus janda akan menetap secara gratis dan mendapat jatah beras setiap dua bulan sekali.

BACA JUGA:Agar Tidak Durhaka, Begini Doa Mustajab untuk Kedua Orang Tua

Proses seleksi pun berjalan ketat karena calon penghuni harus lebih dulu menyampaikan keinginannya pada pengurus perumahan dengan membawa surat kematian suami atau akta cerai. Pengurus akan menelusuri asal-usul pemohon termasuk perilaku sehari-hari sambil memeriksa kesediaan rumah.

Pihak pengurus akan meneliti lebih jauh janda yang menempati rumah di awal masa-masa tinggal. Menelisik soal asal-usul namanya, Arbain berasal dari bahasa Arab yang artinya empat puluh. Maka, di komplek perumahan Arbain ini memang hanya tersedia 40 rumah saja.

2. Gunung kidul

Tempatnya di Balai Pedukuhan Kalangbangi Wetan Ngeposari. Kampung ini juga ga kalah ramainya diperbincangkan di dunia maya. Diberi julukan 'Kampung Janda'. Nama tersebut disematkan, lantaran banyak penduduk di Pedukuhan Kalangbangi Wetan, Kabupaten Gunung Kidul tersebut yang berstatus sebagai janda.

BACA JUGA: Begini Cara Melihat Aura Kita dan Arti Warnanya!

Setidaknya terdapat 26 kepala keluarga (KK) berstatus janda, dari total 93 KK. Artinya, hampir sepertiga warga di sana, hidup tanpa suami. Selain itu, 'Kampung Janda' juga hanya memiliki kurang dari 40 orang laki-laki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: