Miris! 9 Permainan Tradisional Ini Nyaris Punah

Miris! 9 Permainan Tradisional Ini Nyaris Punah

Munculnya sejumlah alat permainan berbasis teknologi membuat permainan tradisional tergeser.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkembangnya jaman anak - anak mulai meninggalkan permainan tradisonal jaman dulu dan memilih bermain gadget atau elelktronik, Padahal permainan tradisional ini bisa membuat sensor motorik anak berkembang serta membuat suasana kebersamaan jadi lebih bermakna.

Munculnya sejumlah alat teknologi membuat permainan tradisional tergeser. Padahal, permainan tradisional lebih mudah, hemat biaya, mengutamakan kebersamaan, kecerdasan, dan ketangkasan.

BACA JUGA:5 Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga dan Riba

Yuk lestarikan lagi permainan tradisonal yang mulai punah ini, agar tidak hilang atau punah di masa mendatang. Permainan tradisional yang mungkin sudah mulai punah ini yaitu :

1. Lompat Tali

Permainan dari karet gelang sangat digemari oleh anak-anak. Sebelum bermain, anak-anak harus mampu mengepang terlebih dahulu karetnya sehingga menjadi sebuah tali yang panjang.

Aturan Permainan:

Permainan ini bisa dimainkan oleh satu orang atau lebih. Jika bermain sendiri, kedua ujung karet bisa dipegang sendiri menggunakan kedua tangan dan mulai memutarkan talinya ke bawah ke atas.

Jika bermain beramai-ramai, dua orang harus memegang karet dari masing-masing ujung. Dua orang tersebut akan memutar tali karet sesuka hati, bisa searah jarum jam atau berlawanan.

BACA JUGA:Bisnis Pembiayaan Makin Prospektif, Investor Asing Lirik Perusahaan Multifinance Indonesia

Anggota permainan akan melompati tali karet tersebut sesuai giliran masing-masing. Pemain yang terkena tali karet saat melompat, dianggap kalah sehingga harus berhenti bermain dan bertukar dengan temannya.

2. Engklek

Siapa yang tak mengenal permainan ini? Engklek atau gacok merupakan permainan tradisional di Indonesia yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Gacok dapat berupa batu atau keramik yang besarnya berkisar 5-7 cm atau lebih, yang dibuat pipih dan tidak tajam.

Aturan Permainan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: