5 Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga dan Riba

5 Tempat Pinjam Uang Tanpa Bunga dan Riba

IST/BE 5 Tempat pinjam uang bebas dari riba dan bunga--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini lembaga keuangan memiliki dua alternatif pinjaman dana yakni pinjaman konvensional dan pinjaman syariah. Sejatinya proses pengajuan pinjaman syariah relatif sama dengan pinjaman konvensional. 

Bedanya, ada pada metode pinjaman berbasis hukum Islam yang bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menerapkan prinsip syariah dalam praktek perbankan.

Berikut ini, lima jenis pinjaman tanpa bunga dan riba yang bisa jadi alternatif untuk memenuhi segala kebutuhan dan kepentinganmu.

BACA JUGA:Kembangkan Bisnismu Bersama Alami Shariah, Pinjaman Syariah Online Bebas Riba dan Legal OJK, Limit Rp 2 Miliar

5 tempat pinjaman tanpa riba

1. Perbankan syariah

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pinjaman pada bank syariah. Dengan memanfaatkan fasilitas bank syariah, tidak akan dibebankan sistem bunga yang dapat berfluktuasi.

Bank syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Disamping itu, perbankan syariah juga menerapkan bagi risiko.

Berbeda dengan sistem konvensional yang mana pihak nasabah sepenuhnya memegang tanggung jawab apabila tidak dapat mengembalikan pinjaman. Sehingga melakukan pinjaman pada bank syariah halal dan lebih aman ketimbang melakukan pinjaman pada bank konvensional.

BACA JUGA:Tak Perlu Takut Riba, 9 Aplikasi Pinjol Ini Terapkan Pinjaman Syariah dan Terdaftar OJK

2. Pinjaman Online Syariah 

Saat ini sudah berkembang lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang memberikan pinjaman syariah online bebas bunga.

Salah satu sistem pinjaman syariah secara online yang mulai terkenal adalah Peer to Peer (P2P) lending berbasis syariah. P2P lending ini akan mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman.

Pemberi pinjaman mendapat untung bukan dari beban bunga melainkan atas biaya sewa atau manfaat atas barang jasa yang digunakan. Sudah cukup banyak P2P lending syariah yang berkembang di Indonesia sebut saja, Investree, Qazwa.id, Alamisharia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: