Saat Sakit, Jangan Lupa Baca Zikir Ini

Saat Sakit, Jangan Lupa Baca Zikir Ini

Daripada mengeluh atau melamun yang tidak ada manfaatnya, lebih baik segera ambil tasbih--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyakit adalah ujian dari Allah swt. Ternyata di balik sakit dan Penyakit terkandung hikmah yang jarang diketahui orang. Bahkan hadits Nabi Muhammad saw menyebutkan, sakit dapat membersihkan dosa dan kesalahan. Ini adalah nikmat yang sering diabaikan dan tidak disadari orang. Rasulullah saw bersabda:  

BACA JUGA:OJK: Faktor Mudah dan Cepat Cair, Tahun Ini Layanan Paylater Makin Diminati

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مِنْ مَرَضٍ فَمَا سِوَاهُ إِلَّا حَطَّ اللَّهُ بِهِ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

Artinya: “Tidak ada seorang muslim yang ditimpa cobaan berupa sakit dan sebagainya, melainkan dihapuskan oleh Allah ta'ala dosa-dosanya, seperti sebatang pohon yang menggugurkan daunnya.” (HR Muslim).   

Hadits ini mengajarkan bahwa kesalahan atau dosa seseorang yang tengah sakit dihapus Allah swt. Ini menjadi spirit bagi kita semua untuk tidak mengeluh terhadap penyakit yang diderita, dan menerima segala sesuatu yang telah digariskan Allah swt, dan ternyata dibalik penyakit ada hikmah yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:Berkat CCTV, Pelaku Jambret Hp Pelajar Berhasil Ditangkap

Tentu kita berharap sehat wal afiat dan itu yang senantiasa Nabi ajarkan, dan selalu kita pinta kepada Allah swt dalam setiap doa dan munajat kita. Karena dengan sehat kita bisa bekerja dan beribadah secara maksimal. Namun perlu diingat sehat dan sakit keduanya adalah ujian dari Allah swt.

Ketika seorang muslim sakit, sangat dianjurkan untuk semaksimal mungkin ikhtiar lahir dan batin sekaligus agar penyakitnya disembuhkan, dan diangkat Allah swt. Secara lahir dia harus berobat ke dokter dan mentaati perintahnya. Dan secara batin dia harus mendekatkan diri kepada Allah swt diantaranya melalui dzikir. Karena Allah yang menurunkan dan menyembuhkan segala penyakit.  

BACA JUGA:PLN Group Buka Lowongan Kerja, Dibuka 3-17 Juli 2023

Di antara dzikir yang dapat diamalkan saat seorang hamba sakit adalah membaca kalimat:

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin.   

Artinya, “Tiada Tuhan selain Engkau, Allah. Mahasuci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim.”   Baca

Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibari dalam kitabnya Irsyadul Ibad mengutip hadits Nabi Muhammad saw. Ia bersabda:  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: