Ini 5 Sekolah Kedinasan Gratis yang Lulus Sekolah Bisa Langsung Kerja

Ini 5 Sekolah Kedinasan Gratis yang Lulus Sekolah Bisa Langsung Kerja

Ini 5 Sekolah Kedinasan Gratis yang Lulus Sekolah Bisa Langsung Kerja-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mencari kerja dengan mudah atau langsung mendapatkan pekerjaan adalah salah satu target yang kerap dijadikan patokan saat mencari sekolah maupun jurusan kuliah.

Para calon mahasiswa biasanya tak ingin berlama-lama menganggur dan langsung ingin merasakan pengalaman di dunia kerja. 

Salah satunya yang bisa dibilang cukup menjanjikan yakni sekolah kedinasan gratis yang bisa langsung kerja.

Ini merupakan sekolah kedinasan dengan ikatan dinas. Biasanya, lulusan sekolah dinas akan menjadi CPNS dan bekerja di kementerian atau lembaga pemerintahan yang menaunginya.

Selain itu, ada pula sekolah kedinasan tanpa ikatan dinas yang tidak menyediakan kesempatan bagi lulusannya untuk bekerja di instansi terkait.

BACA JUGA:12 Sekolah Kedinasan di Indonesia, Lulus Langsung Kerja dan Gajinya Bikin Bahagia

BACA JUGA:Sekolah Kedinasan Poltek SSN 2023 Buka 125 Formasi, Ini Cara Daftar dan Seleksi Masuknya

Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2021, sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan (PKN STAN), dan Kementerian Dalam Negeri (IPDN). 

Kemudian, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip dan Poltekim), Kementerian Perhubungan (PTDI STTD, dll), Badan Pusat Statistik (Poltek Statistik STIS), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), dengan pola ikatan dinas dan/atau pola pembibitan.

Berikut ini sekolah kedinasan gratis yang lulusannya dijamin langsung kerja dikutip dari berbagai sumber:

1. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Poltekip adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Ada tiga program studi yang bisa dipilih calon taruna saat penerimaan taruna baru Poltekip. Program studi tersebut merupakan program diploma D-IV, yaitu Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, Bimbingan Pemasyarakatan.

Sekolah ini menyaratkan sejumlah ketentuan bagi para calon taruna yang akan mendaftar. Seperti bersedia untuk ditempatkan pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: