Ini Dia Kata-kata Sedih Tentang Percintaan dalam Bahasa Jawa!

Ini Dia Kata-kata Sedih Tentang Percintaan dalam Bahasa Jawa!

ata-kata sedih dalam bahasa Jawa yang bisa kamu gunakan untuk menyuarakan kesedihan tanpa terkesan berlebihan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Kata-kata yang sedih secara umum dipakai oleh seseorang yang sedang merasakan kesedihan, bisa karena sedang putus cinta atau bahkan terkena musibah.

Tak ada salahnya sesekali memakai bahasa jawa sebagai kata-kata mutiara saat sedang merasakan kesedihan tersebut. Pastinya kata-kata yang kamu rangkai akan terkesan unik dan berbeda karena memakai kata-kata bahasa jawa sedih.

BACA JUGA:Misteri Dibalik Cewek Suka Ngambek

Bahasa Jawa merupakan salah satu keberagaman bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa Jawa sendiri memiliki keunikannya tersendiri sehingga kalimat yang diucapkan dapat terkesan lebih santai hingga bernada canda.

Setiap orang pasti memiliki kisah perjalanan hidupnya masing-masing dan tidak akan berjalan mulus begitu saja. Pasti ada kalanya kamu akan merasakan perasaan sedih, gundah atau kecewa. Saat merasakan perasaan itu, pasti kalian ingin mengungkapkannya melalui kata-kata sedih atau galau kepada orang lain, seperti menuliskan kata-kata sedih di media sosial.

Namun, kalian tidak ingin kan bahwa kata-katamu terkesan berlebihan hingga memunculkan komentar-komentar negatif dari pengikut media sosialmu yang malah semakin membuatmu merasa sedih.

BACA JUGA:Mainkan Game ini Bisa Dapat Saldo Gratis Rp100.000, Langsung Cair!

Salah satu solusi yang bisa kalian gunakan yaitu dengan mencoba merangkai kata-kata sedih menggunakan kata sedih bahasa Jawa halus. Walau, bahasa Jawa sering kali terkesan candaan namun bahasa Jawa juga bisa secara ajaib menyulap kata-katamu menjadi suatu ungkapan yang dapat menyentuh hati para pembaca.

Momen galau akibat masalah percintaan memang sering sekali terjadi di kalangan masyarakat. Rasa sakit hati yang mendalam menjadi alasan yang kuat untuk mengungkapkan kata-kata yang sedih. Berikut ini kata-kata sedih dalam bahasa Jawa yang bisa kamu gunakan untuk menyuarakan kesedihan tanpa terkesan berlebihan.

BACA JUGA:Rahasia Menjadi Introvert yang Berkelas

  • Nelangsa rasane sing tak tresna sing nduwe. (Sedih rasanya yang aku sukai ada yang punya)
  • Tresna kuwi pancen aneh, contone aku tresna kowe tapi kowe ora tresna aku. (Cinta itu memang aneh, contohnya aku cinta kamu tapi kamu tidak cinta aku)
  • Aku sing loro ati ngopo wong liyo sing kowe obati? (Aku yang sakit hati kenapa orang lain yang kau obati?
  • LDR kaya pacaran karo medi langka wujude. (LDR seperti pacaran dengan setan tidak terlihat wujudnya)
  • Dadi pelari nek menang iso oleh medali emas nek mung dadi pelarian? Entuke mangan ati tok. (Menjadi seorang jika menang bisa dapat emas, kalau cuma pelarian? Cuma dapat makan hati saja)

BACA JUGA:Klaim Saldo Gratis Rp100.000 dari Game Top Rich! Cek Caranya di sini

  • Cedak? Iyo, tresno? Banget, pacar? Dudu. (Deket? Iya, cinta? Banget, pacar? Bukan)
  • Pantesan aku gering toh sing tak pangan harapan palsu. (Pantesan aku kurus, toh yang aku makan harapan palsu)
  • Jarene wonge ikhlas de e karo sing liyo. Kok iseh ngomong e “Nek Tuhan ora bakal mbales lan karma sing mbales”. Ah, mbok wes meneng wae luwih apik. (Katanya sudah ikhlas kalau dia bersama orang lain. Kenapa bilangnya masih “Kalau Tuhan tidak akan membalas dan karma bagi yang jahat”. Ah, sudahlah diam lebih baik)
  • Janjimu, tresnamu gede. Nyatane saiki kowe tinggalne. (Janjimu, cintamu besar. Kenyataannya sekarang kamu pergi)
  • Kowe koyo bintang sing indah didelok tapi susah untuk digapai. (Kau seperti bintang yang indah dilihat tetapi susah untuk digapai)
  • Wis kadung ngomong sayang, eh wis nduwe gandengan. Wis kadung tak sawang, eh malah ninggal kenangan. (Udah terlanjur bilang sayang, eh udah punya gandengan. Udah terlanjur aku pandang, eh malah ninggalin kenangan)
  • Ora perlu uneni selamat pagi lek ujung-ujung e kok uneni selamat tinggal. (Tidak perlu mengucapkan selamat pagi kalau ujung-ujungnya mengucapkan selamat tinggal)

BACA JUGA:Beralih Belanja di WhatsApp Business, Bagaimana Nasib E-Commerce?

  • Aku ikhlas yen kowe dadi kagungane wong liya. (Aku sudah ikhlas kalau kamu jadi milik orang lain)
  • Bukane ngadoh, aku mung njagani awakku dhewe ben ora gawe sak penake. (Bukannya menjauh, aku hanya menjaga diriku agar tidak kamu perlakukan seenaknya)
  • Siji-loro-telu, pitu-wolu-songo. Cedak karo aku tapi kepiye carane dheweke karo wong liya? (Satu dua tiga, tujuh delapan sembilan. Dekatnya sama aku tapi kok malah jadiannya sama orang lain?)
  • Rino utawa wengi aku tansah eling sliramu. (Siang atau malam aku selalu teringat kamu)

BACA JUGA:Mbah Moen Bagikan 5 Amalan Harian Penarik Rezeki, Yuk Amalkan!

Bagaimana kumpulan kata-kata galau tentang percintaan di atas? Terdengar menyentuh hati sekali ya, sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai kalimat galau sekaligus kalimat sindiran di media sosial.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: