3 Penyebab Malaikat Rezeki Enggan Datang ke Rumah Kamu

3 Penyebab Malaikat Rezeki Enggan Datang ke Rumah Kamu

penyebab malaikat rezeki enggan datang ke rumah--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Keberadaan malaikat tidak terbatas ruang, oleh karenanya malaikat juga kerap berada di dalam rumah

Rumah orang beriman yang sering menjalankan ibadah merupakan tempat berkumpulnya malaikat.

Malaikat dan jin diciptakan Allah terlebih dahulu daripada manusia. Allah menciptakan malaikat dari cahaya, jin dari api, dan manusia dari tanah.

Rasulullah bersabda, "Para malaikat diciptakan dari cahaya, para jin diciptakan dari api, dan diciptakan Adam sebagaimana diterangkan kepada kalian. (HR Muslim).

Rumah sebagai tempat bernaung manusia pastilah didambakan oleh setiap orang agar menjadi rumah seperti dalam pepatah Arab, baiti jannati yang berarti 'rumahku surgaku'. 

Tidak setiap rumah dapat didatangi oleh malaikat. Ada beberapa hal yang menyebabkan malaikat enggan masuk ke rumah seorang Muslim. 

BACA JUGA:Ada Bau ini di Rumah, Segera Panjatkan Doa, Buya Yahya Sebut Ada Malaikat Rezeki Bertamu

Pertama, rumah yang penghuninya tidak pernah membaca Alquran. Maka malaikat enggan bahkan meninggalkannya dan justru syetanlah yang sering berada di dekatnya. Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Sirin, dia mengatakan: 

عَنِ ابْنِ سِيرِينَ ، قَالَ : الْبَيْتُ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ الْقُرْآنُ تَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ ، وَتَخْرُجُ مِنْهُ الشَّيَاطِينُ ، وَيَتَّسِعُ بِأَهْلِهِ ، وَيَكْثُرُ خَيْرُهُ ، وَالْبَيْتُ الَّذِي لَا يُقْرَأُ فِيهِ الْقُرْآنُ تَحْضُرُهُ الشَّيَاطِينُ ، وَتَخْرُجُ مِنْهُ الْمَلَائِكَةُ ، وَيَضِيقُ بِأَهْلِهِ ، وَيَقِلُّ خَيْرُهُ

"Sesungguhnya, rumah yang di dalamnya dibacakan Alquran, maka lapanglah penghuninya, banyak kebaikan, malaikat menghadirinya dan setan-setan meninggalkannya. Sebaliknya, rumah yang tak dibacakan Alquran, maka sempitlah penghuninya, sedikit kebaikannya, malaikat meninggalkannya dan setan-setan mendekatinya."

Kedua, rumah yang di dalamnya ada istri yang memalingkan wajahnya dan suami tidak ridho dengannya.

Bahkan malaikat melaknat istri tersebut apabila enggan untuk diajak berhubungan suami istri. Dalam hadits riwayat Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda:

وعن أبي هريرةَ رضي الله عنه قَالَ: قالَ رسولُ اللَّه ﷺ: إِذَا دعَا الرَّجُلُ امْرأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فلَمْ تَأْتِهِ فَبَات غَضْبانَ عَلَيْهَا؛ لَعَنتهَا الملائكَةُ حَتَّى تُصْبحَ

"Jika seorang suami mengajak istrinya untuk berhubungan, akan tetapi ia (istri) tidak memenuhi ajakan suami, hingga malam itu suaminya marah, maka ia (istri) mendapatkan laknat para Malaikat sampai subuh." (HR Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: