Jangan Panik! Baca Doa Ini Ketika Gempa Bumi Terjadi

Jangan Panik! Baca Doa Ini Ketika Gempa Bumi Terjadi

Saat terjadi musibah gempa bumi, umat islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gempa bumi mengguncang Yogyakarta dengan kekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat (30/6/2023). Sejumlah warga di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Pangandaran, Jawa Barat mengaku turut merasakan getaran gempa.

Dalam Islam, ada doa yang dianjurkan dibaca ketika gempa bumi melanda. Adapun lafaz doa yang dianjurkan saat peristiwa gempa adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Rezeki Nomplok! Nonton Video Dapat Saldo Gratis Rp350.000 Tiap Hari dengan Aplikasi ini

Doa Ketika Gempa Bumi 

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

"Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih."

BACA JUGA:Mudahnya Ajukan Pinjaman di Pinjol Kredit Plus, Limit Awal Tinggi Bunga Bersaing

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya."

Bacaan doa ini dianjurkan oleh KH Abdul Karim atau Gus Karim, pengasuh Pondok Pesantren Alquran Azzayadi Solo.

BACA JUGA:Subhanallah, Doa Para Nabi Ini Dikabulkan Allah SWT dan Diabadikan dalam Alquran

Gempa di Jaman Rasulullah

Dikutip dari buku Ad-Daa wad Dawaa karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, Ibnu Abid Dun-ya menyebutkan sebuah hadits mursal, diriwayatkan secara bersambung oleh al-Hakim dari jalur Baqiyyah, dari Yazid al-Juhani, dari Anas.

Bahwasanya pernah terjadi gempa bumi pada zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Beliau pun meletakkan tangannya di atas bumi, seraya bersabda: "Tenanglah, karena waktumu belum tiba". Kemudian, Nabi berpaling kepada para Sahabatnya dan bersabda: "Sesungguhnya Rabb kalian benar-benar sedang menegur kalian, maka perhatikanlah teguran-Nya".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: