Pedagang Masih Membandel

Pedagang Masih Membandel

\"RIO-LAPAKGADING CEMPAKA, BE-  Tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu dan Satgas Pasar Panorama Kota Bengkulu terus melanjutkan aksi penertiban dengan membuat posko khusus di kawasan Jalan Kedondong yang kerap  menjadi tempat mangkal para pedagang kaki lima.

Namun dari pantauan BE dilapangan,  para pedagang ini berjualan dengan menggelar   daganganya  dengan menggunakan alas seperti plastik dan menggunakan   payung. Begitu ada penertiban mereka langsung mengangkut barang dagangannya menuju lapak di dalam   pasar.

Di sisi lain, pasca bentrok dan aksi adu jotos  Satgas dengan pedagang beberapa waktu lalu, Satpol PP, Satgas dan Kepala Pasar melakukan pola pendekatan persuasif dalam penertiban kemarin.

Terlihat  kemarin Satgas dan Satpol PP yang diakomodir Kepala UPTD Pasar Panorama, Hermansyah  terus membujuk  dan memantau terus perkembangan pasar pasca penertiban dan bentrok.

\"Kita tidak pungkiri sebab ada kecendrungan PKL kembali menggelar dagangannya ketika petugas pergi, ini yang akan kita awasi terus,\" kata Hermansyah.

Nila, salah satu pedagang ayam yang  nekat berjualan di pinggir Jalan Kedondong menuturkan, dirinya  tidak takut dengan penertiban, apalagi  lokasi berjualannya  telah dieksekusi ketika ia tak berjualan.  \"Kemarin  meja saja sudah diangkat, meja itu saya buat seharga Rp 500 ribu  dan saya berjualan di tempat ini setelah mendapatkan izin dari kepala pasar, bahkan dia sendiri yang menentukan saat itu. Makanya saya   tetap berjualan di pinggir trotoar ini,\" katanya.

Disisi lain, Ketua Satgas PK 5, Dermawati atau dikenal Amak Yance  menuturkan,  ia sangat paham dengan  apa yang dirasakan pedagang saat ini, tak memiliki tempat dan selalu ditertibkan seperti layaknya binatang. \"Saya juga pedagang, bedanya saat ini saya diberikan tugas walikota  dengan surat perintah tugas (SPT) langsung diteken walikota untuk ikut menertibkan  pedagang supaya masuk ke dalam lokasi pasar,\" katanya.

Satgas telah memberikan toleransi pada pedagang saat pagi mereka boleh berjualan di Jalan Kedondong hingga  pukul 08.00 WIB, selebihnya mereka harus masuk ke lokasi pasar.(247)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: