Kembang Kantil: Bunga Favorit Nyi Roro Kidul dan Mahluk Halus

Kembang Kantil: Bunga Favorit Nyi Roro Kidul dan Mahluk Halus

Hingga saat ini kembang kantil masih kerap diburu orang untuk pelengkap sebagai bahan ritual yang berhubungan dengan dunia gaib.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kembang kantil atau biasa disebut bunga cempaka putih biasanya kita lihat pada sesajen-sesajen atau pada ritual-ritual tertentu. 

Hal ini tidaklah aneh karena kembang kantil merupakan bunga yang biasanya kita lihat di pemakaman-pemakaman kerap dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Jenis kembang kantil selama ini juga dikatakan sebagai bunga yang disukai mahluk halus seperti kuntilanak dan sejenisnya.

BACA JUGA:Bunga Pinjaman Rendah! Calon TKI Bisa Pinjam KUR Bank Mandiri Hingga Rp 100 Juta

Dilansirdari kanal Youtube Nasihat Kehidupan Misteri, kembang kantil dalam Bahasa Jawa berarti menggantung seperti bunganya yang terlihat menggantung.

Sedangkan dalam makna ribuan artinya kemantil mantil yang artinya selalu ingat dimanapun berada dan tetap memiliki hubungan erat walaupun sudah berbeda alam.

Mungkin karena itulah kembang kantil kerap digunakan sebagai bunga pelengkap ritual pada upacara kematian. Secara kedokteran, pada batang daun dan kembang kantil mengandung alakloid yang berguna sebagai ekspektorat dan georetik sehingga berkhasiat bagi batuk, bronkitis, demam dan lain-lain. 

BACA JUGA:Anak Muda Mau Investasi Saham? Pakai BRImo Saja

Namun secara mitos, kembang kantil memiliki arti tersendiri dimana aroma bunga ini sangat disukai oleh mahluk gaib. Salah satu kepercayaan yang hidup hingga saat ini dimana bunga ini sangat disukai oleh Nyi Roro Kidul yang digambarkan sebagai penghias rambut atau sebagi kalungnya.

Selain itu pohon kembang kantil ini dipercaya pohon yang disukai mahluk halus karena aromanya yang enak. Namun bukan itu saja, pohon kembang kantil biasanya dijadikan tempat bersarang benda-benda pusaka dan batu muslimah. Oleh sebab itulah pohon kembang kantil yang sudah tua akan terkesan angker dan menyeramkan.

Oleh sebab itulah hingga saat ini kembang kantil masih kerap diburu orang untuk pelengkap sebagai bahan ritual yang berhubungan dengan dunia gaib.

BACA JUGA:Allianz Life Tawarkan Jaminan Asuransi Hingga Usia 100 Tahun

Hal ini dikarenakan kembang kantil dipercaya memiliki kekuatan magis lebih dibanding bunga-bunga yang lain sehingga bunga ini memiliki nilai ekonomis yang lebih dibanding bunga yang lain.

Bunga ini akan di buru banyak orang terutama pada malam-malam tertentu seperti malam Jum'at Kliwon, Selasa Kliwon, dan menjelang malam 1 Suro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: