Ternyata Usia Iphone Lebih Lama Dibanding HP Android, Ini Ulasannya

Ternyata Usia Iphone Lebih Lama Dibanding HP Android, Ini Ulasannya

Berdasarkan data Statista, rata-rata rentang hidup sebuah smartphone adalah 2,58 tahun. Angka ini menurun 0,06 tahun dibandingkan tahun 2022 dan 0,17 tahun dari 2021.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Pengguna gadget pasti menginginkan Smarthphone yang mereka miliki mampu bertahan dengan usia yang cukup lama.

Namun layaknya manusia, Smartphone atau HP pun juga memiliki batasan usia. Berdasarkan data Statista, rata-rata rentang hidup sebuah smartphone adalah 2,58 tahun. Angka ini menurun 0,06 tahun dibandingkan tahun 2022 dan 0,17 tahun dari 2021.

Melansir Bankmycell, Sabtu (24/6/2023) sementara itu ada klaim yang menyebut bahwa umur HP berkisar 15-18 bulan sebelum muncul generasi terbaru perangkat tersebut. Adapun hal-hal yang mempengaruhi umur HP antara lain kondisi hardware, software, hingga kesehatan baterai.

Ada juga aktivitas atau cara pemakaian HP yang tidak aman. Hal ini misalnya seperti memakai kabel charger dari produsen yang tidak resmi atau penggunaan HP terlalu intens hingga sering overheat.

BACA JUGA:Mungkinkah Kedepan BTS Tak Dibutuhkan Oleh HP Lagi? Ini Teknologi yang Bakal Menggantikannya

BACA JUGA:Teknologi eSIM Telah Digunakan, Ini Operator dan Sederet Merek HP yang Telah Mengaplikasikannya

Lantas, berapa rata-rata usia HP dari berbagai brand antara Android dan iPhone? Menurut laporan, rata-rata unit iPhone memiliki usia yang lebih panjang yakni 4-10 tahun, diikuti Samsung yang tahan 3-6 tahun. Sementara itu, Huawei dan Xiaomi rata-rata memiliki rentang usia 2-4 tahun.

Lebih lanjut, setelah tiga tahun pemakaian, pengguna HP umumnya akan mulai merasakan perbedaan. Hardware yang dipakai akhirnya usang, baterai pun lebih tidak sehat dibandingkan dengan awal-awal membeli perangkat tersebut.

Tapi kembali lagi, usia HP dipengaruhi juga oleh tipe perangkat yang kamu beli. Tentu saja HP high-end akan lebih awet ketimbang yang low-entry. Faktor yang biasanya menjadi masalah HP low-end adalah ketinggalan update sistem operasi (OS) hingga kapasitas memori HP yang tidak memadai.

Biasanya, iPhone menerima update OS dan keamanan untuk lima hingga tujuh tahun setelah HP dirilis. Sementara Android, hanya menerima update untuk 2-3 tahun setelah HP diluncurkan.

Sementara untuk siklus kesehatan charging, ini dipengaruhi dari banyak hal. Jika kamu mengisi daya ponsel sekali sehari, itu akan bertahan sekitar 300-500 siklus pengisian daya atau sekitar 16 bulan.

Siklus pengisian mengacu pada berapa kali baterai ponsel terisi penuh. Masa pakai baterai tidak hanya ditentukan oleh seberapa sering baterai diisi, tetapi juga oleh seberapa sering ponsel digunakan hingga jenis dan kapasitas baterai. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: