Maje-Nasal Susut 1 Kursi, Garda Nasdem Kecewa

Maje-Nasal Susut 1 Kursi, Garda Nasdem Kecewa

\"nasdem\"KOTA BINTUHAN,BE –Surat Keputusan KPU Nomor 99/kpts/KPU/2013, 9 Maret 2013 yang menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kabupaten Kaur tetap 3 Dapil yang sudah dikeluarkan,  hal ini membuat Garda Nasdem kecewa. Ini terkait pengurangan jatah 7 kursi Dapil Maje-Nasal menyusut menjadi 6 kursi.

\"Kita sangat kecewa atas putusan tersebut. Karena aspirasi masyarakat Maje dan Nasal sudah berkurang. Hal ini jelas sangat mengecewakan putusan tersebut. KPU kabupaten tidak serius mengatasi persoalan pemecahan Dapil,\" ujar Ketua Garda Nasdem Sirajuddin Abbas, kemarin.

Dikatakanya, Dapil III yang terdiri dari Kecamatan Maje dengan jumlah penduduk sebanyak 15.996 dan Kecamatan Nasal dengan jumlah penduduk sebanyak 15.942, maka total penduduk sebanyak 31.938 jiwa. Sebenarnya tidak perlu jatah kursinya diubah kembali. Karena sejak pengusulan pemekaran Dapil Maje dan Nasal menjadi dapil IV dengan jumlah 7 kursi, namun saat ini justru karena ada penggambungan Dapil II, membuat kursi kursi Maje dan Nasal berkurang.

\"Kalaulah Dapil II bertambah maka tidak perlu adanya pengurangan kursi, karena penggabungan Dapil dua sudah cukup kursi. Namun kenyataanya pengurangan kursi tersebut dinilai politis,\" jelasnya.

Menyikapi Hal tersebut, Ketua KPU Kaur Arpan Ependi mengatakan semuanya itu merupakan ketetapan yang diputuskan oleh KPU tersebut. Selain Dapil kabupaten, KPU juga sudah memutuskan bahwa Dapil Bengkulu Selatan dan Kaur tetap seperti semula. Makanya usulan yang sebelumnya diajukan belum bisa memenuhi standar Kursi dan jumlah penduduk, karena semuanya mengacu kepada perekaman e-KTP. Makanya kursi dan dapil berubah total.

\"Kita bukan mengangap semuanya dipolitisi, namun semuanya mengacu kepada jumlah penduduk yang ada. Lalu saat KPU Pusat melakukan pengakjian sesuai dengan jumlah penduduk Maje-Nasal kurang mencukupi saat dibagi dengan kebutuhan kursi,\" jelasnya. Kemudian itu, dikatakan anggota KPU Kaur Eksar, rincian  Dapil yang di putuskan KPU untuk Dapil I meliputi Kecamatan Tanjung Kemuning berjumlah 13.776, Kelam Tengah berjumlah 7.787, Kaur Utara berjumlah 8.065, Padang Guci Hilir berjumlah 4.788, Padang Guci Hulu berjumlah 8.068, Lungkang Kule berjumlah 4.084 dan Kinal berjumlah 6.041 jiwa.

Total jumlah penduduk pada Dapil I sebanyak 52.609 jiwa dengan jumlah kusri 9. Lalu pada Dapil II yakni terdiri dari Kecamatan Muara Sahung berjumlah 8.458, Luas berjumlah 6.619, Kaur Tengah berjumlah 5.588, Semidang Gumay berjumlah 7.393, Tetap berjumlah 7.181 dan Kaur Selatan berjumlah 17.563 jiwa. Total jumlah penduduk di Dapil II sebanyak 52.802 jiwa dengan jumlah kursi 10.

Sementara itu, pada Dapil III yang terdiri dari Kecamatan Maje dengan jumlah penduduk sebanyak 15.996 dan Kecamatan Nasal dengan jumlah penduduk sebanyak 15.942, maka total penduduk sebanyak 31.938 jiwa dengan jumlah 6 kursi. \"Maka saat ini yang akan banyak diminati olah partai politik, maka dapil II akan banyak dincar oleh calon-calon. Namun semuanya tergantung masyarakat,\" jelasnya. (823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: