Terjerat Hutang ? Begini Cara Melunasi Hutang dengan Benar!

Terjerat Hutang ? Begini Cara Melunasi Hutang dengan Benar!

Hidup dibayangi hutang, pastilah tidak nyaman. -Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Kebutuhan hidup yang tidak sedikit membuat sebagian besar orang rela hutang uang kepada bank atau rentenir. Uang hasil hutang biasanya untuk menutupi kebutuhan-kebutuhan hidup seperti sandang, pangan dan papan.

Ada beberapa cara agar hutang terlunasi dengan benar. Karena hidup dibawah garis hutang, pastilah tidak nyaman. Berikut rumus melunasi hutang dengan benar.

BACA JUGA:Pengalaman dan Integritas Tak Menjamin Lulus Jadi Penyelenggara Pemilu

1. Jangan berharap mendapat uang secara instan

Ini berbahaya karena kita dalam posisi punya hutang dan ingin mendapatkan uang dengan cepat, nanti biasanya malah akan terjerumus.

Seperti membeli togel, mencari harta karun, mencari pesugihan, memelihara tuyul malah akan menjerat dan semakin banyak hutang.

2. Hitung ulang semua hutang.

Kebanyakan orang kalau hutang pada rentenir, rela berhutang dan bayar tiap bulan atau harian akan minta bunganya saja. Hutang pokok tetap tidak lunas karena hanya membayar bunganya saja.

BACA JUGA:Jodoh Belum Ketemu, Ustadz Adi Hidayat Ajarkan Amalan Agar Cepat Bertemu Jodoh

Jika punya hutang, wajib ikut mencatat berapa uang yang sudah dibayarkan. Hutangnya berapa dan bunga berapa persen. Setiap membayar cicilan, kita wajib meminta tanda bukti seperti kwitansi.

3. Kelola pendapatan dengan teliti

Jika pegawai punya gaji juga harus memikirkan berapa pemasukan dan pengeluaran. Jangan besar pasak daripada tiang. Besar pengeluaran daripada pemasukan. Harus dicatat berapa hutang dan berapa biaya belanja untuk kebutuhan.

BACA JUGA:10 Arti Mimpi Bertemu Teman Lama, Pertanda Ini

Kebanyakan orang itu mudah keblinger. Ketika punya uang malah tidak ingat jika memiliki hutang. Seharusnya, jika punya uang lebih, harus disisihkan untuk membayar hutang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: