Perlu Tau, Marah Ternyata Bisa Memperpendek Umur!

Perlu Tau, Marah Ternyata Bisa Memperpendek Umur!

Marah berawal dari hati yang merupakan sumber perasaan seseorang. -Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM- Marah adalah emosi yang terwujud dalam diri seseorang ketika menerima tindakan dari orang lain yang tindakannya tidak ia sukai. Marah adalah nyala api yang bersumber dari neraka yang kemudian naik ke hati. Marah berawal dari hati yang merupakan sumber perasaan seseorang. Orang yang berkobar api kemarahannya maka ia telah terhasut oleh setan.

Mujahid bercerita bahwasanya Iblis berkata: “Anak Adam tidak dapat melemahkanku, mereka tidak akan dapat melemahkanku dalam tiga hal yaitu; Pertama, Apabila seseorang di antara mereka mabuk, maka kami ambil tali kekangnya, lalu kami menggiringnya melakukan hal yang kami sukai. 

BACA JUGA:Ada 5 Shio yang Tidak Cocok Jadi Pengusaha, Bisa Bikin Bangkrut

Kedua, bila keturunan Adam marah, maka mereka mengatakan apa yang mereka tidak tahu dan berbuat tindakan yang akan mereka sesali. Ketiga, kami membuat anak Adam kikir terhadap apa yang mereka miliki dan mengembangkannya dengan apa yang mereka sanggupi.

Dalam sebuah riwayat hadis menyatakan:

الغَضَبُ يُفْسِدُ الإِيْمَانَ كَمَا يُفْسِدُ الصَّبْرُ العَسَلَ

Artinya: “Kemarahan itu dapat merusak iman seperti shibr (tanaman bratawali) dapat merusak madu”. (H.R. al-Thabrani).

Marah Dari Tinjauan Ilmiah

Dalam sebuah penelitian ilmiah menyatakan bahwa ketika seseorang marah, maka enzim amilase yang ada dalam ludah berubah menjadi racun. Dan bila mengambil dan menyuntikkan racun itu ke dalam tubuh serangga, maka dalam waktu lima menit serangga itu akan mati

BACA JUGA:Kurangi Sampah Plastik Demi Bumi Lebih Baik

Dapat disimpulkan bahwa seseorang yang sedang dalam kondisi marah, ia sedang menumpuk racun di dalam tubuhnya yang menjadi sumber berbagai macam penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Maka dengan menahan marah berarti akan memperpanjang umur dan dengan mengeluarkannya berarti akan memperpendek umur.

Dalam Kitab Musnad Ahmad meriwayatkan sebuah hadis yang berbunyi:

” قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” إِنَّ الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنَ النَّارِ، ‌وَإِنَّمَا ‌تُطْفَأُ ‌النَّارُ ‌بِالْمَاءِ، ‌فَإِذَا ‌غَضِبَ ‌أَحَدُكُمْ ‌فَلْيَتَوَضَّأْ

Artinya: Rasulullah pernah bersabda, “Sesungguhnya marah berasal dari setan, dan sesungguhnya setan itu diciptakan dari api, dan api hanya dapat padam dengan air, sehingga ketika kalian marah maka berwudulah” (H.R. Ahmad).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: