Tidak Hanya Mempercantik Diri, Memakai Celak Merupakan Kesunnahan

 Tidak Hanya Mempercantik Diri, Memakai Celak Merupakan Kesunnahan

celak dapat menenangkan mata sehingga tidak melakukan gerakan berbahaya selain juga memelihara kealamiannya.-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Celak alias penggaris atau penegas mata merupakan salah satu kosmetik untuk mempercantik mata para kaum Hawa. Tak banyak yang tahu mengenai keutamaan dan kesunnahan memakai Celak. Seperti di zaman Rasulullah Saw., hingga kini Celak tidak hanya digunakan kaum Hawa, tetapi juga kaum Adam.

Beragam jenisnya, mulai dari yang tradisional hingga yang modern, semua memiliki manfaat yang sama. Tetapi celak mata asli dan terbaik adalah yang digunakan Rasulullah Saw yaitu berbahan itsmid yang berasal dari Persia. 

BACA JUGA:Ditabrak Pohon Hanyut, Warga Bengkulu Utara Hanyut dan Tenggelam

Itsmid tersebut sejenis batu hitam bahan dasar celak dari Ashfahan (Persia), yakni jenis celak terbaik, yang didatangkan dari belahan barat,  karena jenis celak ini adalah yang paling mudah melekat namun bagian dalamnya halus, dan bersih dari kotoran.

Seperti sabda Nabi:

اكْتَحِلُوا بِالْإِثْمِدِ فَإِنَّهُ يَجْلُو الْبَصَرَ وَيُنْبِتُ الشَّعْرَ

“Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut (bulu mata).” (HR. al-Tirmidzi no. 1679 dalam Sunan-nya bab Maa jaa-a fil iktihaal, Ahmad no. 15341 dalam  Musnad-nya)

Cara Rasulullah Memakai Celak

Rasulullah menganjurkan memakai celak sebelum tidur. Yaitu dengan mengoleskannya sebanyak tiga kali di mata kanan dan dua kali di mata kiri.

BACA JUGA:Dagangan Laris Manis, Ustadz Abdul Somad Ajarkan Amalan ini

Seperti diriwayatkan oleh Sayyiduna Ibnu Abbas: “Bahwasanya Nabi Muhammad Saw memiliki celak. Beliau bercelak setiap malam 3 kali pada mata kanan dan dua kali pada mata sebelahnya.” (HR. al-Tirmidzi).

Dalam Sunan Ibnu Majah dan yang lainnya disebutkan dari Sayyidina Ibnu Abbas r.a bahwa “Rasulullah  Saw memiliki tempat celak yang beliau gunakan tiga kali di bagian mata.”

Diriwayatkan oleh Imam Abu Daud bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang menggunakan celak, hendaknya menggunakannya dengan hitungan ganjil.”

BACA JUGA:Rezeki Mengalir dan Jadi Sugih Bondo? Praktekkan Ilmu Jawa Kuno Ini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: