Benarkah, Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu?

Benarkah, Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu?

Agama Islam sangat mengutamakan kaum wanita khususnya ibu-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat Al-Qur’an pertama kali turun, masyarakat Jahiliyah berada dalam situasi penghargaan yang sangat lemah terhadap perempuan. Perempuan diperlakukan seperti budak, bahkan mirisnya kelahiran seorang bayi perempuan dianggap sebagai sebuah aib.

Ketika Islam datang, secara perlahan Islam melakukan pembelaan dan menempatkan perempuan dalam kehidupan terhormat dan sama dengan laki-laki. Islam datang untuk menghapuskan diskriminasi terhadap perempuan.

BACA JUGA:Begini Cara Mensucikan Laptop yang Terkena Najis!

Penghargaan Islam terhadap Perempuan

Islam merupakan agama yang sangat memberdayakan perempuan. Islam dengan tegas menghargai beban seorang perempuan dalam peran reproduksi (mengandung, melahirkan dan menyusui). Salah satu bentuk penghargaan tersebut Rasul Saw lukiskan dalam sabdanya:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ  قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّمَ :  الجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ اْلأُمَّهَاتِ

“dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Surga ada di bawah telapak kaki para ibu.”

BACA JUGA:Ini Dia Arti Huruf M di Telapak Tanganmu Menurut Palmistry

Meskipun banyak dari kaum muslimin yang menjadikan hadis tersebut sebagai sandaran untuk mengungkapkan betapa mulianya ibu, namun kenyataannya hadis tersebut adalah hadis palsu. Hal itu karena dalam sanadnya ada dua rawi yang tidak dikenal, yaitu Manshur bin al-Muhajir dan Abu an-Nadhr. Akan tetapi ada hadis lain dengan kualitas shahih yang mempunyai makna yang sama yang mengungkapkan kemuliaan seorang ibu

عًنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ جَاهِمَةَ السَّلَمِيِّ ، أَنَّ جَاهِمَةَ رضي الله عنه جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ وَقَدْ جِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ . فَقَالَ : هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ ؟ قَالَ نَعَمْ . قَالَ: فَالْزَمْهَا فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلَيْهَا 

 “Dari Mu’awiyah bin Jahimah As-Sulami, ia datang menemui Rasulullah SAW. Ia berkata, ‘Wahai Rasulullah, saya ingin ikut berperang dan saya sekarang memohon nasihat kepadamu?’ Rasulullah SAW lalu bersabda, ‘Kamu masih punya ibu?’ Mu’awiyah menjawab, ‘Ya, masih.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Berbaktilah kepada ibumu (lebih dahulu) karena sungguh ada surga di bawah kedua kakinya.” 

BACA JUGA:Punya Khodam Nyi Blorong, Tanggal Lahir Ini Hidupnya Makmur Kaya

Makna Hadis

Makna hadis tersebut bahwa merendahkan diri di hadapan ibu dan berusaha mencari keridhaannya dalam hal-hal yang tidak melanggar syariat Allah Swt adalah sebab masuk surga. Berbakti dan taat kepada ibu merupakan kedudukan yang lebih utama daripada berjihad di jalan Allah. Siapapun yang bisa melakukannya dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang besar dan surga sebagai balasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: