Begini Alur Peredaran Oli Palsu yang Berhasil Diungkap Polres Kepahiang

Begini Alur Peredaran Oli Palsu yang Berhasil Diungkap Polres Kepahiang

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Unit Tipidter Satreskrim Polres Kepahiang Polda Bengkulu masih terus melakukan pengembangan terhadap pengungkapan peredaran oli palsu

Teranyar diketahui bahwa oli palsu yang beredar di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Curup Kabupaten Rejang Lebong ini, adalah oli palsu yang berasal dari luar Sumatra.

Kapolres Kepahiang, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si melalui Kasat Reskrim, Iptu. Doni Juniansyah, SM menjelaskan jika berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap NS, pemilik toko yang menjual oli palsu di Kabupaten Rejang Lebong, barang tersebut diperolehnya dengan cara membelinya kepada seseorang yang berinisal AW di Jakarta.

"Berdasarkan pengakuan tersangka NS, oli palsu ini dibelinya dari seseorang yang berada di Jakarta," ujar Doni, Kamis 7 Juni 2023.

BACA JUGA:Jual Sabu ke Polisi yang Menyamar, Preman dan Penjudi di Rejang Lebong Ditangkap

BACA JUGA:Pengungkapan Kasus BBM Polda Bengkulu Diapresiasi Pertamina Patra Niaga 

Melalui jasa pengiriman transportasi jalur darat, ribuan botol oli palsu ini dikirim dari Jakarta ke toko NS yang berada di Curup Kabupaten Rejang Lebong. Setelah itu barang tiba di Curup, langsung diedarkan oleh pemilik toko dengan menjualnya kepada pemilik bengkel-bengkel kecil yang ada di Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

Beruntung polisi yang cepat menyadari aksi ini, berhasil mengamankan salah satu kaki tangan NS hingga kemudian peredaran oli palsu ini berhasil dihentikan.

"Untuk saat ini ribuan botol oli palsu sebagai barang bukti telah kita sita, sementara penjualnya sebanyak 2 orang sudah kita amankan," lanjutnya.

Meskipun demikian Doni mengatakan jika sampai saat ini, kepolisian masih terus melakukan serangkaian penyelidikan terkait peredaran oli palsu ini. Dari tangan kedua penyuplai ini sedikitnya ada 28 jenis oli palsu yang telah berhasil diamankan.

"Bukan hanya untuk sepeda motor, puluhan merk oli palsu ini juga dijual untuk oli kendaraan roda 4 atau mobil," demikian Kasat Reskrim.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarkepahiang.disway.id/read/659360/beredar-di-kepahiang-dan-curup-begini-alur-peredaran-oli-palsu-yang-berhasil-diungkap-polres-kepahiang/15