Persiapan Masuk SMA Jurusan IPA dan IPS

Persiapan Masuk SMA Jurusan IPA dan IPS

Persiapan Masuk SMA Jurusan IPA dan IPS -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memutuskan untuk melanjutkan sekolah di SMA mengharuskan kamu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pasalnya apa yang dipelajari di SMA dan SMP itu berbeda. Terlebih lagi kamu harus memilih salah satu jurusan yang ada di SMA. Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa persiapan masuk SMA jurusan IPA dan IPS. Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan? 

1. Persiapkan Semua Berkas dan Dokumen yang Dibutuhkan untuk Daftar Ulang

Setelah kamu dinyatakan diterima di salah satu SMA berarti harus segera melakukan daftar ulang. Kamu harus melakukan daftar ulang sesuai dengan waktu yang sudah dijadwalkan oleh pihak sekolah. Jangan sampai telat daftar ulang. Jika telat berarti dianggap mengundurkan diri. 

Supaya daftar ulang bisa berjalan dengan lancar dan cepat selesai, jangan lupa untuk menyiapkan semua berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Setelah semua berkas dan dokumen dipersiapkan, bisa langsung dibawa ke lokasi daftar ulang. 

2. Ikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan Baik

Istilah MPLS sudah tidak asing bagi kamu yang baru masuk SMA. MPLS sendiri merupakan masa-masa awal bagi siswa untuk lebih mengenal sekolah barunya. Dalam kegiatan ini juga terdapat mata pelajaran, sistem penilaian serta program sekolah yang baru dan juga seru. Meski MPLS merupakan kegiatan pengenalan tetapi harus diikuti dengan baik.

BACA JUGA:Miris! Masih Ada Bangunan Sekolah di Bengkulu Seperti Kandang Ternak

BACA JUGA:2 SMA Negeri di Provinsi Bengkulu Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik Tingkat Nasional

Penilaian MPLS tidak masuk nilai rapor, akan tetapi dari kegiatan ini guru pembimbing maupun kakak OSIS akan menilai sikap maupun ketangguhan mental yang kamu miliki. Dari penilaian ini akan menentukan apakah kamu layak masuk menjadi bagian dari OSIS atau tidak.

3. Pilih Jurusan di SMA Sesuai dengan Minat dan Bakat

Persiapan masuk SMA berikutnya yaitu pilih jurusan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Di SMA ada 3 pilihan jurusan, tetapi biasanya sekolah hanya membuka dua jurusan saja yaitu IPA dan IPS. Kamu harus memilih salah satu jurusan tersebut sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Jangan sampai salah pilih karena jurusan yang dipilih akan menentukan nasib dan masa depan kamu. Tidak disarankan untuk memilih jurusan hanya ikut-ikut teman saja. Pilihlah jurusan yang memang diminati dan sesuai dengan jurusan kuliah yang nantinya akan diambil. 

4. Mencari Teman Sebanyak-banyaknya

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, SMA merupakan jenjang akhir yang harus kamu lalui. Banyak yang bilang jika SMA merupakan masa yang paling menyenangkan. Supaya masa SMA-mu benar-benar menyenangkan, kamu harus mencari teman sebanyak-banyaknya. Jangan gunakan waktu yang dimiliki untuk mencari masalah dengan kakak kelas atau bermusuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: