10 Golongan Ini Amalan Sholatnya Tidak Diterima

10 Golongan Ini Amalan Sholatnya Tidak Diterima

ilustrasi shalat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sholat merupakan tiang agama sekaligus ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat Islam. Meski dalam kondisi sakit dan lemah sekalipun, kaum muslimin tetap harus mengerjakan sholat.

Umumnya, mereka yang tidak dalam kondisi normal diberikan keringanan dalam mengerjakan sholat. Entah itu sambil duduk, berbaring, hingga menggunakan isyarat dan hati, karenanya Allah SWT tidak pernah memberatkan umatnya dalam hal ibadah.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa sholat menjadi amalan yang paling pertama dihisab, seperti sabdanya dalam sebuah hadits,

"Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari sholat wajibnya, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki sholat sunnah.' Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari sholat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya," (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Amalkan Tasbih Malaikat! Rezeki Diluaskan dan Mengalir Terus

BACA JUGA:Rezeki Membanjiri Rumah, Habib Novel Alaydrus Sarankan Baca Surah ini

Menukil dari buku 17 Jalan Menggapai Mahkota Sufi yang disusun oleh Muhammad Sholikhin, ada sebagian orang yang lalai dalam sholatnya. Hal ini disebutkan dalam surat Al Ma'un ayat 4 dan 5, Allah SWT berfirman:

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ

Arab latin: Fa wailul lil-muṣallīn

Artinya: 4. "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat,

ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

Arab latin: Allażīna hum 'an ṣalātihim sāhụn

Artinya: 5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya,"

Makna dari kata lalai di atas bukanlah orang yang tidak mengerjakan sholat, melainkan mereka yang sholat namun tidak dengan sepenuh hati. Bahkan, sholat mereka tidak disertai dengan tindak amal saleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: