'Wong Urip Iku Mung Mampir Ngombe', Ini Penjelasannya!

'Wong Urip Iku Mung Mampir Ngombe', Ini Penjelasannya!

Salah satu pepatah jawa yang hingga saat ini masih terus relevan dengan keadaan-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Pepatah ini mengajarkan manusia untuk hidup sebaik-baiknya. Secara bahasa, Pepatah 'wong urip iku mung mampir ngombe' memiliki arti bahwa manusia hidup di dunia itu hanyalah untuk mampir minum.

BACA JUGA:Kelahiran Pancasila: Lukisan Tersirat Kehadirannya

Lebih lanjut, Purwadi dalam buku Folklor jawa menjelaskan bahwa kehidupan manusia di dunia ini hanya dalam waktu singkat. Itulah mengapa manusia harus menjalankan hidup dengan baik-baiknya dan sebenar-benarnya.

Hal ini berkaitan dengan kehidupan setelah kematian. Di mana, manusia akan mendapat hukuman atau imbalan sesuai perbuatannya di dunia. Maka manusia harus menghindari larangan-larangan yang telah ditetapkan Tuhan Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA:9 Tanggal Lahir Ini Masa Depannya Cerah! Rezeki Datang Hutang Berkurang

Dan senantiasa melakukan perintah untuk berbuat baik dan benar, berkelakukan baik, jujur dan suka menolong. Dalam serat Kalatidha karya Ranggawarsita juga dijelaskan, manusia itu senantiasa eling lan waspada.

Eling ditafsirkan bahwa manusia dituntut untuk selalu berbakti, berdzikir kepada Tuhan dan tidak meninggalkan sembahyang, atau sholat. Sedangkan waspada diartikan mampu membedakan yang benar dan salah.

BACA JUGA:Sadis dan Kejam, Weton Sakral Ini Titisan Batari Durga, Berani Kamu Sakiti?

Demikianlah maksud dari pepatah Jawa 'wong urip iku mung mampir ngombe'. Semoga bermanfaat! (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: