8 Besar Calon Bawaslu Kembali Ikuti Tes, Ini Jadwal dan Lokasinya

8 Besar Calon Bawaslu Kembali Ikuti Tes, Ini Jadwal dan Lokasinya

Elfahmi Lubis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tim Seleksi Bawaslu Provinsi telah mengumumkan nama-nama yang masuk 8 besar calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 pada Jumat lalu (2/6/2023). Terhadap nama-nama ini nantinya akan kembali melakukan tahapan selanjutnya yang dimulai pada Senin besok (5/6/2023).

Sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum setelah melakukan penilaian atas tes tertulis dan tes psikologi bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu masa jabatan 2023-2028 maka 8 peserta yang lulus akan kembali mengikuti  tes kesehatan dan tes wawancara.

Tes kesehatan dilaksanakan pada 5 Juni 2023 pukul 07.30 bertempat di Biddokkes Polda Bengkulu Jalan Adam Malik KM 9 Bengkulu. 

BACA JUGA:Ini Dia Nama 8 Besar Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu 2023-2028

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Pengawasan Informasi Diperketat

Sedangkan untuk tes wawancara akan dilaksanakan pada Rabu 7 Juni 2023 pukul 07.30 bertempat di Hotel Santika Kota Bengkulu.

Selanjutnya dalam pelaksanaan tes ini para peserta tidak diperkenankan untuk terlambat serta wajib hadir 60 menit sebelum pelaksanaan tes. 

Apabila peserta tidak hadir atau tidak mengikuti tahapan seleksi ini maka dianggap gugur. Selain itu peserta yang tidak mengikuti tes kesehatan tidak diperkenankan mengikuti tes wawancara.

Terakhir setelah proses seleksi ini dijalankan masyarakat dapat memberikan tanggapan dan masukan terhadap bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang ditujukan kepada tim Seleksi Bawaslu Provinsi Bengkulu masa jabatan 2023-2028 pada rentang tanggal 17 Mei sampai dengan 6 Juni 2023. 

Identitas masyarakat yang memberikan tanggapan akan dirahasiakan oleh Tim Seleksi sehingga tidak perlu khawatir untuk identitas pada saat penyampaian tanggapan terkait dengan nama-nama bakal calon Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Diketahui untuk nama-nama 8 besar bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu ini adalah orang-orang yang berpengalaman di bidang kepemiluan diantaranya, Halid Saifullah yang merupakan Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu dan mantan Ketua KPU Rejang Lebong, Ketua Bawaslu Bengkulu Tengah Asmara Wijaya, staf Bawaslu Provinsi Bengkulu Debisi Ilhodi, Ketua KPU Kota Bengkulu Martawansyah, demisioner KPU Provinsi Bengkulu Irna Riza Yuliastuty, Juniarti Boermansyah juga mantan anggota KPU Provinsi Bengkulu, serta Farida Nur Aini dan Eva Fransisca

Masuknya 4 orang perempuan di 8 besar ini, menjadikan 50 persen keterwakilan perempuan. Padahal sebelumnya dalam seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 sempat sepi peminat.

Bahkan, Tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu harus memperpanjang waktu pendaftaran untuk memenuhi Kouta keterwakilan perempuan sebagai penyelenggara pemilu.

Namun setelah proses pendaftaran diperpanjang, akhirnya Kouta keterwakilan perempuan sebanyak 30% terpenuhi dan Timsel dapat melanjutkan tahapan seleksi seperti tes tertulis dan psikologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: