Begini Hukum Membaca Al Quran tapi Tidak Menutup Aurat

Begini Hukum Membaca Al Quran tapi Tidak Menutup Aurat

hukum membaca Al quran tidak menutup aurat tidak terdapat dalil yang menegaskan hal itu. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kita menjaga sopan santun di hadapan kitab suci-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin pernah terbersit di benak Anda sebuah pertanyaan bolehkah membaca Alquran tanpa menutup aurat? Bagaimana hukum membaca Al Quran tidak menutup aurat ini?

Menutup Aurat merupakan syarat-syarat shalat dan menjaga diri kita dari pandangan orang yang bukan muhrim. Jika Anda membaca Al quran sendirian bebas dari pandangan orang lain yang bukan muhrim maka hukumnya dibolehkan, bebas karena menutup aurat bukan syarat untuk membaca Alquran, tapi akan lebih baik jika tetap menutup aurat selama membaca Al quran.

BACA JUGA:Amalkan Wirid Ini, Agar Keinginanmu Cepat Terkabul

Mengenai hukum membaca Al quran tidak menutup aurat tidak terdapat dalil yang menegaskan hal itu. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kita menjaga sopan santun di hadapan kitab suci.

Keutamaan Membaca Alquran

Membaca Al quran memiliki banyak sekali keutamaan berupa memberikan kelancaran rizki, kemudahan dalam berdagang serta juga limpahan pahala dan karunia yang pastinya sebagai bentuk penghargaan dari Allah SWT kepada hambanya yang tulus membaca kitab suci Alquran.

BACA JUGA:Kenapa Seseorang Sering Berzikir Tapi Membuat Makin Dekat Setan?

Hal itu tertuang dalam Firman Allah SWT dalam Qs, Al Fathir, 29:30 yang artinya sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. “(QS Al Fathir: 29-30).

Aturan Membaca Al quran

Selain tentang hukum membaca Al quran tidak menurup aurat yang ingin Anda ketahui, mungkin Anda juga perlu tahu aturan membaca Al quran yang benar, sebagai berikut:

BACA JUGA:Jalan Rezeki Semakin Lebar, Gus Baha Berbagi Kiat dan Amalannya

  • Al quran tidak boleh disentuh oleh orang dalam keadaan tidak suci
  • Harus memakai alas ketika membaca Al quran, misalnya letakkan Al quran di atas meja pendek
  • Duduk dalam pose yang sopan seperti bersila untuk laki-laki dan simpuh untuk perempuan, atau duduk dalam pose duduk tahiyat akhir.
  • Wanita haid boleh membaca hafalan ayat Al quran tanpa menyentuh dan membuka langsung halaman Al quran dengan tangannya.

Demikian hukum membaca Al quran tidak menutup aurat. Sepertinya tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Anda bisa mempraktikkan membaca Al quran dengan tenang kapan saja. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: