Doa, Zikir dan Sunnah saat Wukuf di Arafah yang Perlu Dipahami

Doa, Zikir dan Sunnah saat Wukuf di Arafah yang Perlu Dipahami

Jemaah Haji Saat Wukuf di Padang Arafah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Haji merupakan salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat Muslim setiap tahunnya.

Ibadah Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Ibadah haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan setiap Muslim yang mampu baik secara fisik maupun finansial.

Dalam menunaikan ibadah haji ada beberapa rukun yang harus dilaksanakan, salah satu dari beberapa rukun haji tersebut adalah wukuf.

BACA JUGA:Start Besok, Ini Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Kloter 1

BACA JUGA:Biaya Sewa Pesawat Jemaah Haji Bengkulu Jadi Rp 12 Miliar

Wukuf sendiri dilaksanakan di Padang Arafah, wukuf merupakan kegiatan berdiam diri atau behenti sejenak dari kegiatan ibadah selama pelaksanaan ibadah haji.

Meskipun berdiam diri, bukan berarti para jemaah haji hanya berdiam saja tanpa kegiatan apapun. Saat wukuf ini para jemaah haji mengisinya dengan merenung dan memohon ampun kepada Allah SWT atas perbuatan yang selama ini telah diperbuat.

Saat melaksanakan wukuf ini, beberapa doa dan amalan yang dianjurkan untuk dibaca oleh para jemaah haji.

Doa tersebut mulai dari tahmid, talbiyah, takbir dan tahmid, doa meninggalkan maksiat, doa sapu jagat, hingga doa istikamah dalam tobat. 

Wukuf sendiri merupakan kegiatan berdiam diri di Padang Arafah. Wukuf dilaksanakan dari waktu zuhur pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai waktu subuh tanggal 10 Dzulhijjah.

Wukuf merupakan rukun pembeda antara ibadah haji dengan umroh, karena untuk jemaah umroh tidak melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Berikut ini adalah doa-doa yang bisa dipanjatkan jemaah haji yang tengah melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Doa-doa dan zikir yang dibaca saat wukuf di Padang Arafah ini, merupakan doa dan zikir untuk memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

BACA JUGA:Amalan Surat Yasin Penghilang Rezeki Seret Ijazah KH Abdul Ghofur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: