Layang-layang, Bermula dari Kisah Cinta Dua Sejoli yang Terhalang Tembok!

Layang-layang, Bermula dari Kisah Cinta Dua Sejoli yang Terhalang Tembok!

Permainan layang layang sangat populer di seluruh dunia sejak ratusan tahun lalu-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memasuki musim kemarau seperti sekarang ini, dan angin berhembus kencang. Tidak lama lagi musim main layang-layang akan tiba. Permainan yang disukai anak-anak hingga orang dewasa ini tidak lekang oleh waktu. 

Lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara diikat tali dan dikendalikan didaratan ini bukan hanya ada di Indonesia. Hampir diseluruh penjuru dunia mengenal permainan ini.

BACA JUGA:Begini Cara Melebur Hari yang Buruk Akan Bepergian Menurut Primbon Jawa!

Permainan yang mengandalkan kekuatan angin sebagai alat untuk mengangkatnya ini konon ditemukan oleh ilmuwan Yunani pada abad ke 5 SM, namun sebenarnya masyarakat Asia terutama China, Jepang, Korea dan Melayu sebenarnya lebih dulu mengenai ini permainan!

Kisah Cinta Dua Sejoli 

Diperkirakan layangan berasal dari China sekitar 3000 tahun yang lalu tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Han (200SM-200M)

Milliter China saat itu menggunakan layangan sebagai senjata perang untuk menakut nakuti musuhnya dengan memodifikasinya agar berbunyi siulan dan diterbangkan dalam jumlah banyak sehingga menimbulkan suara semacam gemuruh!

BACA JUGA:Jika Mimpi Memiliki Makna Tertentu, Ini Cirinya

Mirip suara mengerikan pesawat tempur Stuka di perang dunia kedua nih layangan, orang zaman segitu sudah bisa mikirin taktik macam itu. Tidak salah kalau China bisa melahirkan ahli taktik perang terbaik sedunia, Sun Tzu!

Saat ini setiap 14 Januari telah ditetapkan hari layangan internasional. Dari salah satu legenda di China layangan terbuat atas ketidaksengajaan seorang petani pada zaman dahulu, yang mengalami kesulitan dalam menjaga topinya yang terus kabur karena kuatnya hembusan angin yang menerpa.

Ia berinisiatif mengikat topi itu agar tak terlepas dari kepalanya, dari situlah awal mula layangan tercipta sebelum akhirnya digunakan oleh militer China.

BACA JUGA:Rejeki Anda Seret? Amalkan Ini, Pembuka Pintu Rezeki di Pagi Hari

Sedangkan legenda layangan di India lebih unik lagi, terjadi sekitar 500 tahun yang lalu pada masa kerajaan Mogul. c yang diasingkan darinya, dan terhalang oleh tembok pembatas. 

Hari layangan internasional juga berasal dari negara bagian Gujarat, India dimana terkenal akan banyak festival yang diselenggarakan tiap tahunnya, salah satunya festival layangan (uttarayan) untuk merayakan hari berakhirnya musim dingin dan dimulainya musim panas (pertama diadakan 14 Januari 1989). (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: