Ini Tips Belajar Berkendara Sepeda Motor Bagi Pemula dari Astra Motor Bengkulu

Ini Tips Belajar Berkendara Sepeda Motor Bagi Pemula dari Astra Motor Bengkulu

Astra Motor Bengkulu tetap konsisten dalam mengedukasi pelajar tentang keselamatan berkendara -(foto: astra motor bengkulu/bengkuluekspress.disway.id-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kecelakaan terjadi di jalan raya bukan hanya karena kelalaian atau kondisi kendaraan yang kurang perawatan maksimal. tetapi juga akibat dari pengendara pemula yang belum begitu paham cara berkendara yang baik dan benar.

Sebab itu, bagi para pengendara pemula untuk terlebih dahulu mencari tahu apa-apa saja hal yang harus dilakukan sebelum memulai berkendara sepeda motor khususnya di jalan raya.

Noval Junaidi, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, mengimbau, bagi yang baru belajar berkendara sepeda motor atau masih pemula untuk tidak langsung ke jalan raya, tetapi ikuti petunjuk ini terlebih dahulu. 

Pertama, perlu adanya pendamping yang sigap. Hal yang perlu diketahui ketika memulai belajar sepeda motor adalah adanya pendamping.

BACA JUGA:Skuad Teknisi Honda Siap Adu Keterampilan di Asia Oceania

BACA JUGA:Honda CT125, Motor Bebek Ariel Noah yang Harganya Fantastis!

Fungsi dari adanya pendamping ini adalah sebagai pengawas yang membimbing pengendara motor pemula ketika memulai berkendara, baik dari kejauhan maupun yang mengawasi dengan cara dibonceng agar lebih siap ketika harus mengambil tindakan cepat ketika terjadi suatu hal.

"Ketika berboncengan, awalnya akan cukup menyulitkan namun ada dampak positifnya, yaitu pengendara dapat langsung melatih teknik berkendara di medan yang sulit. Apabila pemula sudah mulai dilepaskan sendiri, maka pemula akan sudah bisa menyesuaikan cara berkendara secara perlahan," kata Noval, Kamis (24/5/2023).

Kemudian, kata Noval, jika tidak ada orang terdekat yang mampu menjadi pendamping dalam belajar berkendara sepeda motor, maka pemula dapat meminta bantuan dari lembaga kursus yang menyediakan. Pengajar yang profesional akan memberikan tips tercepat dalam memahami tata cara berkendara, tapi kembali lagi tergantung pada pemula itu sendiri bisa memahami dengan cepat atau tidak. 

BACA JUGA: Moge Favorit Pejabat Dapat Warna Baru, Segini Harga Honda Rebel 2023!

BACA JUGA:4 Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Siap Raih Podium Tertinggi di Asia Road Racing Championship 2023

Kedua, mulailah di tempat yang sepi. Usahakan lokasi tempat belajar berkendara sepeda motor adalah tempat yang sepi, lokasi yang tidak ada yang melewati daerah tersebut. 

"Hal ini bertujuan agar ketika ada hal yang akan terjadi pada pemula, risiko yang terjadi tidak jadi lebih besar. Rekomendasi tempat yang mungkin dapat digunakan adalah lahan luas seperti lapangan basket, lapangan volly, dan lahan luas lain semacamnya," ucap Noval.

Apabila sudah berhasil menguasai beberapa hal dasar dalam berkendara, maka pemula pengendara sepeda motor dapat mencoba memulai ke jalanan yang sedikit lebih ramai. Hal ini bertujuan untuk melatih mental calon pengendara motor agar bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, sehingga menjadi tidak grogi dan dapat fokus ketika berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: