Rombongan Biksu Thailand Tiba di Pemalang, Sudah Dekat ke Candi Borobudur

Rombongan Biksu Thailand Tiba di Pemalang, Sudah Dekat ke Candi Borobudur

Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat ikut berjalan kaki bersama Biksu Thailand yang sedang melakukan ritual thudong.-Agus Pratikno--(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Rombongan puluhan bhante atau biksu yang berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, telah memasuki wilayah Pemalang

Tampak ratusan warga Pemalang tumpah ruah berjejer di pinggir jalan sepanjang alun-alun kota Pemalang, untuk melihat langsung rombongan para biksu ini berjalan kaki menuju Candi Borobudur.

Kedatangan para biksu yang melintas di jalan raya memasuki Pos Polisi dekat alun-alun Pemalang disambut meriah oleh elemen masyarakat Pemalang. 

Tampak Plt Bupati Pemalang bersama Kapolres, Dandim, unsur ormas, warga keturunan Tionghoa, serta ratusan warga turut menyambut kedatangan mereka.

BACA JUGA:Lewati Tegal, Biksu Thailand Ucapkan 'Assalmualaikum' kepada Pelajar SD

BACA JUGA:Momen Biksu Thailand Melintas di Pantura Jateng, Disambutan Antusias Meriah Warga

Diketahui, 32 biksu yang menjalankan tradisi ritual Thudong dari Bangkok, Thailand ke Indonesia, dengan tujuan ke Candi Borobudur adalah sebagai salah satu bentuk perjalanan religi, dalam merayakan Waisak. 

Puncak detik-detik Waisak 2023 itu akan dirayakan pada 4 Juni di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Tradisi Thudong, yang merupakan ritual keagamaan bagi umat Buddha itu dilakukan dengan berjalan kaki sebagai ritual perjalanan spiritual. Tradisi ini sudah dilakukan sejak zaman dulu.

Para biksu setelah disambut jajaran Forkopimda Pemalang, kemudian singgah di Gedung Serbaguna untuk beristirahat. 

Mereka setelah itu akan menuju klenteng Tjen Gie Bio Kec Ulujami Pemalang, kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: