Yamaha RX-King Disuntik Listrik, Anti Ngebul dan Berisik!

Yamaha RX-King Disuntik Listrik, Anti Ngebul dan Berisik!

Motor RX King di kustom dengan tenaga listrik menjadi RX-Ohm dan dibuat dalam waktu tiga bulan-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Yamaha RX-King dikenal memiliki suara knalpot yang bising dan kepulan asap. Tapi tidak dengan RX-King yang satu ini. Si 'raja 2-tak' di tangan Farman, penggawa FZ Ebike jadi tidak lagi berisik dan ngebul.

“Ini motor awalnya dimiliki oleh orang asal Belanda, namanya Michiel Beers. Namun, karena sulitnya mengurus administrasi untuk dibawa ke Belanda, akhirnya dibeli. Nama motornya sendiri RX-Ohm dan dibuat dalam waktu tiga bulan,” buka Farman.

BACA JUGA:Mengenal Istilah Sedulur Papat Limo Pancer dalam Kejawen

Dirinya menjelaskan, motor ini dipilih karena bentuk desainnya yang tak lekang oleh waktu. Untuk mempertahankannya, sang pemilik awalnya sampai membuat kustomisasi, agar sistem penyimpanan baterainya lebih proper.

“Ini memang casing baterainya buat sendiri, kustom, lah. Motor listriknya menggunakan hub drive, agar baterainya muat untuk dipasang. Kalau pakai model mid drive, akan sulit sekali mengaturnya, malah jadi tidak bagus,” terangnya.

 

Motor yang dikonversi adalah Yamaha RX-King lansiran 1992. Awalnya pakai mesin 135 cc 2-tak, kemudian ditanggalkan dan diganti dengan motor elektrik QS hub, dengan keluaran tenaga 4,02 dk. Kecepatan maksimumnya mencapai 100 km/jam.

BACA JUGA:Setan Sungsang, Sosok Hantu Pemburu Perjaka!

“Baterainya sudah menggunakan lithium iron phosphate, dengan kapasitas 2,142 kWh. Jarak tempuhnya mencapai 60 kilometer sekali cas. Durasi pengecasan mungkin empat jam lebih,” terangnya.

Sektor kaki-kakinya menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan, sementara di bagian belakangnya menggunakan shockbreaker ganda. Sistem pengeremannya sudah discbrake di bagian depan. Tak banyak diubah oleh sang pemilik.

Adapun speedometernya sudah digital. Untuk lampunya, masih mempertahankan ciri khasnya, kotak besar dibagian depan. Karena ini motor listrik, barang tentu tak ada knalpot yang terpasang.

BACA JUGA:1001 Tafsir Mimpi Tentang Diri Sendiri dan Orang Lain, Jangan Dianggap Remeh

“Modifikasinya ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 30-35 juta. Mahal, karena pemilik awalnya itu memang memilih komponen yang bagus. Misal, controller Kelly KLS-S 7320, itu sudah yang paling bagus di kelasnya,” tukasnya. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: