47 Peserta Tes KPU Akan Gugur

47 Peserta Tes KPU Akan Gugur

\"kpu1\"BENGKULU, BE – Timsel KPU Provinsi Bengkulu, kemarin sudah melakukan ujian tertulis di salah satu hotel kawasan wisata Pantai Panjang. Dalam tes tertulis itu, 67 peserta semuanya hadir dan siap bersaing untuk mengikuti tahapan berikutnya. Namun, dipastikan dari seluruh peserta, 47 orang akan gugur.

Seleksi tertulis tersebut, peserta harus menjawab 100 soal yang terdiri dari 50 multiple choice, 25 sebab akibat, 25 benar atau salah. Dalam menjawab soal yang sudah disediakan tim dari KPU pusat tersebut, peserta mengaku banyak terjebak atas pertanyaan tersebut. Walau demikian, tidak membuat optimisme mereka turun.

“Soal yang diujikan sangat menjebak, kalau yang jarang baca pasti akan kesulitan. dimana isinya seputar undang-undang demokrasi, pemerintahan, pengetahuan umum, dan masalah pemilu,” ungkap salah satu peserta, Teguh A Roni SE MM.

Sementara itu, peserta lainnya yang berasal dari KPU Bengkulu Tengah, Ratim Nuh SH mengaku cukup kualahan atas soal tersebut. Ini sebuah proses, namun harus dijalani untuk mengikuti tahap berikutnya. Dalam mengerjakan soal tersebut, pantia menyediakan waktu selama 100 menit kepada peserta. Dalam waktu tersebut, peserta sama sekali tidak mengalami kekurangan.

\"ff\"Diungkapkan Anggota Timsel KPU Provinsi, Dr Khairudin wahid MAg setibanya soal dari Jakarta, pengawalan langsung dilakukan dengan ketat. Soal-soal tersebut kemanapun dibawa oleh tim dari KPU pusat, hingga akhirnya diujikan selalu dikawal. “Soal tiba Rabu sekitar jam 14.30 dengan jumlah seluruhnya 74 lembaran. Yang berisikan 67 soal untuk peserta dan 7 lagi merupakan soal cadangan, Untuk gelombang pertama ini ada 18 KPU yang melaksanakan ujian,” katanya.

Dilanjutkan akademisi IAIN Bengkulu ini, untuk menghindari adanya kebocoran soal, setelah dilakukan tes tertulis sebnyak 74 soal tersebut langsung dimusnahkan, dengan cara dibakar sekitar pukul 12.30. Dalam pembakaran ini juga selain anggota Timsel, ada saksi dari sekretariatan KPU, dan perwakilan kepolisian. “Karena masih ada beberapa provinsi lagi yang belum mengikuti tes, jadi sengaja dimusnahkan untuk menghindari kebocoran,” tegasnya.

Setelah melakukan tes tertulis, sambung Khairudin, Timsel langsung akan menetapkan 20 besar. Setelah mengikuti satu paket seleksi mulai dari tes tertulis, kesehatana, psikologi, forum goup diskusi, dan wawancara, dipastikan 47 peserta berguguran, karena hanya akan ada 20 besar untuk bersaing menuju 10 besar. (160)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: